Lini Depan Sudah Dipoles, Indonesia Yakin Menang

January 6, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Finishing buruk tim nasional (timnas) Indonesia yang jadi sorotan Indonesia sudah diperbaiki, kini skuad Garuda siap tempur menundukkan Vietnam pada Laga leg pertama akan berlangsung di Gelora Bung Karno pada 6 Januari 2023.

Indonesia memang tampil sempurna pada pertandingan fase grup tanpa kekalahan. Empat laga dilakoni, Egy Maulana Vikri cs berhasil menyabet tiga kemenangan dan satu hasil imbang.

Indonesia finis  di posisi kedua di bawah Thailand.Tapi  permainan mereka khususnya di lini depan masih belum memuaskan. Beberapa pemain sering gagal menuntaskan setiap peluang yang ada. Itu pula yang menyebabkan Indonesia gagal menjadi juara grup. 

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong (Korea Selatan) mengklaim sudah memperbaiki kelemahan itu. Dia berharap di laga melawan Vietnam Indonesia bisa memetik hasil terbaik.  “Peluang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain di laga fase grup. Setelah selesai laga melawan Filipina walaupun kita lolos, saya tegur dan marah kepada para pemain di ruang ganti. Tetapi sekarang dari pemain juga harus bisa melupakan masa lalu. Dan latihan juga selama dua hari dan hari ini juga sama untuk finishing,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga

Secara isi pertandingan sudah bagus dan semakin berkembang. Begitupun finishing sudah baik. Jadi pertandingan besok juga pasti akan lebih baik lagi. Saya sudah mempersiapan agar tidak ada lagi kata kita tidak beruntung atau tidak bagus dalam finishing,” tambah dia.

Tim Tangguh

Vietnam memang tim tangguh dan sulit dikalahkan hal itu diakui langsung Marselino Ferdinan. Pemain Persebaya ini tahu kualitas lawan yang akan dihadapi.

“Tapi saya tidak gentar, saya yakin Indonesia bisa menang untuk kali ini,” ujarnya. Bahkan dia berharap bisa membalaskan dendam kekalahan tersebut.

Sementara itu Pelatih The Golden Star, Park Hang-seo menyebut jika Skuad Garuda sudah mengalami banyak perubahan dan mereka sering lolos ke final kompetisi antarnegara ASEAN pada 2020.

Park Hang-seo menambahkan komposisi pemain Timnas Indonesia saat ini cukup berkualitas. Pasalnya, tim itu dihuni dua pemain naturalisasi, yakni Jordi Amat dan Ilija Spasojevic. “Indonesia adalah tim yang lolos ke final Piala AFF 2020. Belakangan ini banyak perubahan yang mereka alami,” kata Park Hang -seo.

NTO

Pelatih Shin Tae-yong dan gelandang timnas Indonesia, Marselino Ferdinan dalam jumpa pers untuk laga kontra Vietnam dalam semifinal pertama Liga 1 2022-2023, 5 Januari 2023. Foto: Humas

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS