ISORI Serukan Voters Usung LaNyalla Jadi Ketua Umum PSSI

November 19, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Dukungan kepada AA LaNyalla Mahmud Mattalitti untuk menjadi Ketua Umun PSSI disuarakan oleh Ketua Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) Profesor Syahrial Bakhtiar dan Guru besar Universitas Negeri Padang itu pun menyerukan kepada voters atau pemilik suara untuk memilih Ketua DPD RI itu pada KLB di bulan Februari 2023 mendatang.
 
Alasan Syahrial Bakhtiar menyerukan voters untuk kembali memilih LaNyalla dengan alasan bahwa mengurusi PSSI diperlukan orang yang paham dan sudah pernah bergelut dengan kondisi sepakbola di Indonesia. 
 
Seperti diketahui, sosok LaNyalla yang pernah menjadi Exco PSSI, Wakil Ketua Umum dan terpilih menjadi Ketua Umum (Ketum) dinilai harus kembali lagi untuk memperkuat sepakbola Indonesia. 
 
“Pak LaNyalla ini sosok yang tegas, dia sudah terbukti bisa mengambil sikap tegas dan tegak lurus dengan statuta organisasi. Karena itu, apa yang sudah dijalankan oleh Pak LaNyalla ini harus dilanjutkan,” tutur Syahrial Bakhtiar kepada awak media di sela-sela munas Pelti, Jumat (18/11/2022).
 
Bagi Syahrial, LaNyalla tidak sampai tuntas memimpin PSSI karena saat itu dibekukan oleh pemerintah. Padahal, jelas sepakbola kala itu sedang masuk ke ranah industri karena perusahaan asing seperti Qatar National Bank (QNB) sampai masuk menjadi sponsor liga. 
 
Belum lagi, Tim Nasional (Timnas) Indonesia juga menunjukkan perkembangan yang bagus. Sayang, setelah PSSI dibekukan, visi dan misi LaNyalla tak bisa diimpelemntasikan dengan maksimal. 
 
Berkaca pada sejarah tersebut, menurut Syahrial sudah saatnya kepemimpinan LaNyalla dipercaya kembali untuk memajukan sepakbola Indonesia. “Saat itu pekerjaan Pak LaNyalla belum tuntas, jadi ini saatnya dipanggil kembali beliau untuk memimpin PSSI,” tegasnya. 
 
Dengan pengalaman saat menjadi pengurus PSSI dahulu, lanjut Syahrial, LaNyalla pasti sudah bisa mengevaluasi apa yang kurang saat masih di PSSI. Karena itu, ketika dipercaya lagi oleh voters untuk memimpin PSSI, tinggal menyempurnakan yang dahulu kurang dan menuntaskan program apa yang dahulu belum dijalankan. 
 
“Pasti sudah tahu Pak Nyalla, apa yang kurang, apa yang perlu disempurnakan. Karena itu, kalau kembali memimpin PSSI, pasti sudah tahu apa yang harus dijalankan,” tuturnya.
 
Mampu
 
Selain itu, Syahrial juga mengatakan jika PSSI ke depannya di bawah komando LaNyalla, Inpres Nomor 3 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional mampu terimplementasikan.
 
Menurut Syahrial, Nomor 3 tahun 2019 itu ibarat ada senjata, tetapi tidak dipakai. “Kalau La Nyalla yang kini sebagai Ketua DPD RI itu menjadi Ketum PSSI dalam KLB nanti, maka akan lebih mudah untuk bersinergi,” ungkap dia. 
 
Syahrial melihat, Inpres ini keberadaanya bisa berjalan lebih baik dan maksimal. Sebab, dia telah bertanya kepada grassroot di PSSI dan sekolah-sekolah sepak bola (SSB) di Indonesia, bahwa perubahan di pembangunan sepakbola nasional belum ada, padahal menurut Syahrial, Inpres ini harus bisa menjangkau daerah di seluruh Indonesia. 
 
“Ini ada orang sepakbola yang memegang jabatan kunci di republik ini, marilah manfaatkan ini. Beliau tinggal meluruskan dan panggil semua duduk bersama untuk menjalankan Inpres yang tak jalan saat ini,” ucapnya.
 
Sementara itu saat dikonfirmasi, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengaku siap untuk kembali menjalankan amanah roda organisasi persepakbolaan Nasional untuk periode selanjutnya jika itu memang keinginan voters.
 
“Saya siap membawa timnas Indonesia berprestasi dengan menjadi Ketua Umum PSSI selama diminta oleh voters melalui KLB tahun 2023 nanti, karena itu adalah amanah,” ucapnya.
 
Sepak terjang pria kelahiran Makassar yang tak perlu diragukan lagi di persepakbolaan nasional itu pun mengaku jika banyak voters yang telah menghubunginya sekaligus menginginkan kembali dirinya untuk memimpin PSSI.
 
“Sudah banyak voters yang langsung kontak ke saya. Sekali lagi saya tekankan, jika itu memang merupak
an keinginan para voters, saya siap untuk mengemban amanah itu,” tutupnya.
 
NTO
 
LaNyalla Mahmud Mattalitti dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Cinta kepada sepakbola. Foto: NTO
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS