Menikmati Panorama Jogja dari Ketinggian Bibis

March 20, 2022
JOGJAKARTA, govnews-idn.com – Berkunjung ke Jogja bukan sekadar Kraton maupun Malioboro. Sekarang banyak sekali destinasi yang bisa melepas kejenuhan. Salah satunya bisa di kawasan Bibis, di Kabupaten Bantul.
 
Di sini kita bisa bersantai sembari ngopi dengan menikmati panorama Jogja dari ketinggian.
Ya, Bibis merupakan satu dusun di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. 
 
Tempat ini menawarkan keindahan alam dari satu bukit yang tinggi, yang bisa menyaksikan megahnya Kota Jogja dan Gunung Merapi Merbabu dari ketinggian.
 
Untuk menuju ke sana, dari kota Jogja ambil arah ke Bantul. Di traffic light Kasongan, belok ke kanan dan dari sini lurus ke arah barat. Sedikit ada jalanan menanjak, terutama mendekati Bibis. Maklum saja, dusun itu ada di bukit.
 
Tempat yang terhitung tinggi dinamakan Puncak Bibis. Biasanya tempat ini jadi tujuan para bikers. Rute perbukitan menuju puncak menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Namun rasa lelah bakal terbayar setelah sampai di Puncak Bibis. 
 
Keindahan alam Jogja membentang luas di depan mata. Seperti namanya, Puncak Bibis berada di ketinggian. Pepohonan yang rimbun dan udara yang segar dapat dinikmati pengunjung baik pagi, siang maupun malam hari. 
 
Saat gelap, hamparan lampu kota akan berkerlap-kerlip menyasa pengunjung di objek wisata ini.
Di puncak ini terdapat sejumlah angkringan, di antaranya  Angkringan Puncak Bibis dan Angkringan Bu Yati. 
 
Kopi Randu. Foto: IMS
 
Pengunjung dapat memesan aneka minuman seperti teh, jahe, wedang tape, dan juga camilan hangat lainnya yang bisa dinikmati sembari duduk santai di atas tebing. 
 
Harga makanan yang ditawarkan masih terjangkau. Anda bisa mendapatkan menu nasi sayur dengan cukup membayar Rp7.000.
 
Satu lagi tempat nongkrong di kawasan Bibis. Bee Dyoti Hidden Cafe namanya. Lokasinya berada di Puncak Bibis. Tempat wisata kuliner ini termasuk pendatang baru.  Bee Dyoti terletak di Dusun Bibis RT 005. 
 
Selain menyajikan pemandangan indah untuk wisata, menu makanan di tempat ini juga lebih modern seperti aneka rice bowl mulai Chicken Katsu Sambal Matah, Beef Black Papper, hingga minuman seperti Vanilla Latte. Harga menunya mulai Rp4.000-Rp30.000.
 
Bagi pecinta kopi, spot kuliner Kopi Randu di Bibis juga menarik untuk Anda kunjungi. Anda bisa menyeruput secangkir kopi dengan ditemani semilir angin malam di tempat ini. 
 
Arealnya yang luas juga dimanfaatkan untuk olahraga seperti senam. Penampilan musik akustik siap menghibur pengunjung yang datang.
 
IMS
 
Salah satu sudut Bee Dyoti. Foto: IMS

RELATED POSTS