Olimpiade Catur 2024: Indonesia Turunkan Kolaborasi Atlet Junior dan Senior

September 9, 2024
catur36

JAKARTA, govnews-idn.com – Indonesia kembali berpatisipasi di kejuaraan catur yang paling ditunggu, yaitu Olimpade Catur 2024 di Budapest, Hungaria dengan menurunkan pemain muda yang berlaga 10 hingga 23 September 2024.

Penyelenggaraan Olimpiade Catur tahun ini bersamaan dengan Pekan Olahraga Nasional (PON), maka hampir semua pemain catur papan atas Indonesia berlaga mewakili daerahnya. PB Percasi dengan bangga memberi kesempatan kepada para pecatur muda untuk mewakili Indonesia di kejuaraan paling bergengsi Olimpiade Catur 2024.

Saat melepas tim Olimpade Catur Indonesia, pada Jumat, 6 September 2024, Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto tidak mematok target untuk para atlet. Dia hanya berharap para atlet mampu menjaga emosi agar bisa bermain fokus dan serius. “Tapi yang terpenting, bermainlah dengan sepenuh hati, berusaha maksimal, dan tetap dengan hati yang gembira,” ujar Utut.

Menurut Utut, mengirim para pecatur junior adalah pilihan yang terbaik, agar para pemain muda usia ini memiliki pengalaman bertanding yang tak akan mereka lupakan. “Masuk tim Olimpiade tidak mudah. Adanya PON menjadikan mereka terpilih mewakili Indonesia. Setelah mereka berlatih keras, semoga hasilnya baik,” tegasnya.

Sementara Eka Putra Wirya, Dewan Pembina PB Percasi mengatakan, bahwa berjuang mewakili Indonesia di Olimpiade adalah satu kesempatan yang luar biasa. “Saat ada kesempatan bermain di kelas dunia harus dimaksimalkan. Yang terpenting adalah menjaga kekompakan saat membawa nama Indonesia,” kata dia.

Olimpiade catur kali ini merupakan Olimpiade Catur terakhir di akhir masa kepemimpinan Utut Adianto. Dia berharap, siapapun nanti penerusnya sebagai Ketua Umum PB Percasi akan tetap berkomitmen untuk mengirimkan atlet catur di setiap ajang Olimpiade. “Karena sekali saja kita absen di Olimpiade, akibatnya kita akan terdegradasi. Orang yang akan berhasil. Adalah orang yang kerja kerasnya tanpa beban,” jelas Utut.

Perpaduan

Komposisi Tim Catur Indonesia Putra-Putri ke Olimpiade Catur 2024, merupakan perpaduan antara para pemain junior (yang baru pertama berlaga di Olimpiade) serta dua pemain senior yang memperkuat tim putri.

Tim Putra: Andrean Susilodinata (2.393), Zacky Dhia Ulhaq (2.203), Satria Duta Cahaya (2.219), Fabian Glen Mariano (2.121) dan Reynard Kristopher (2.114), dengan Kapten tim Kristianus Liem.

Tim Putri: Lindri Juni Widjayanti (2.155), Evi Liandiawati (1,940), D Angel Ruth Nugroho (1.939), Evi Yuliana (1.914), Clementia Adeline (1.550), dengan Kapten Tim Lisa Lumongdong.

Selain para pemain tersebut, tim yang akan turut mendampingi dan juga mengikuti FIDE Congress adalah dr Dwi Hatmisari Ambarukmi, Herman Kurniadi, Merry Damayanti dan Urry Kartopati.

AYRP – UK

Kontingen catur Olimpiade 2024 Indonesia saat dilepas Ketua Umum PB Percasi Utut Adianto. Foto. Humas.

RELATED POSTS