Menparekraf: Jadikan Danau Toba Destinasi Wisata Kelas Dunia

November 4, 2022
MEDAN, govnews-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Medan untuk bersama-sama menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata berkelas dunia.
 
Pada acara “Kumpul Kreatif Tiba-tiba Toba” di Seis Cafe & Public Space, Medan, Selasa (1/11/2022), Menparekraf Sandiaga mengungkapkan Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas di Indonesia perlu diperkuat dengan kehadiran berbagai UMKM lokal yang berkualitas dan berkelas dunia. Sehingga Danau Toba bisa menjadi destinasi wisata yang membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Sumatera Utara.
 
“Kami melihat Danau Toba sanggup menjadi lokomotif penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas pada 2024,” kata Sandiaga.
 
Sandiaga Uno bergabung di “Kumpul Kreatif Tiba-tiba Toba”
 
Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, kata Sandiaga, selain menghadirkan UMKM yang berkualitas, pihaknya juga senantiasa mengembangkan potensi wisata yang ada di Danau Toba melalui event-event berkelas nasional maupun internasional. “Jadi saya harap kalangan muda di Medan dan sekitarnya juga dapat melihat Danau Toba sebagai potensi kolaborasi kreatif untuk berinvestasi kreatif dan berbisnis,” ujarnya.
 
Sandiaga berharap kegiatan “Kumpul Kreatif Tiba-Tiba Toba” juga akan menjadi wadah belajar dan kolaborasi baru pemuda kreatif Kawasan Danau Toba dan Kota Medan untuk menyadari potensi yang ada di Danau Toba. Agar ke depannya berkolaborasi dan memberikan kontribusi melalui karya-karya kreatif guna mendukung pengembangan Danau Toba sebagai Kawasan Destinasi Super Prioritas.
 
“Selain itu, kita berharap Kota Medan sebagai sumber SDM kreatif berkualitas yang terdekat dari Danau Toba menjadi sumber transfer keterampilan dan pengetahuan bagi kalangan muda kreatif di sana,” lanjut Sandiaga.
 
NAMO FITZGERALD
 
Menparekraf menegaskan pihaknya senantiasa mengembangkan potensi wisata yang ada di Danau Toba. Foto: Humas
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS