Boeing 737-700 Terbang dengan Pintu Kargo Terbuka, Untung Selamat.

August 7, 2022

AMSTERDAM, govnews-idn.com – Ini sungguh-sungguh terjadi, Boeing 737-700 milik maskapai KLM ( Belanda ) terbang dari Leeds ke Amsterdam mendarat dengan pintu kargo sebelah kanan terbuka sebagian.

Pada 2 Agustus, penerbangan KLM #KL1542 berangkat dari Leeds ke Amsterdam. Boeing 737-700 (reg. PH-BGT) mendarat di landasan pacu 18R di Amsterdam setelah penerbangan selama 50 menit. Yang mengejutkan, pintu kargo depan sebelah kanan terbuka walau sebagian.

Pintu kargo yang tampak terbuka. ( @airlivenet)

Atas insiden ini KLM menyatakan: “Selama penerbangan KL1542 dari Leeds ke Amsterdam pada 2 Agustus, salah satu palka kargo ditekan sebagian karena cacat teknis. Penumpang dan kru tidak dalam bahaya. Juga tidak ada risiko kargo atau tas jatuh”.

Padahal insiden semacam ini bisa berakhir dengan bencana. Pada tahun 1974 sebuah DC10 Turki jatuh ketika pintu kargo yang tidak diamankan dengan benar.
Dalam kecelakaan DC10 itu pintu meledak, kabel kontrol utama serta kedua set kabel kontrol cadangan yang berada di bawah bagian lantai yang meledak benar-benar terputus, menghancurkan kemampuan pilot untuk mengontrol elevator, kemudi, dan data penerbangan. Diketahui 346 orang tewas.

IMS

Maskapai KLM saat mendarat di Bandara Amsterdam. Foto: @airlivenet)

RELATED POSTS