TMMD Ke-121 Tahun Anggaran 2024 Kodim 1615/Lombok Timur Resmi Ditutup

August 22, 2024
lotim18

LOMBOK TIMUR, govnews-idn.com – Kegiatan TMMD Ke-121 TA 2024 di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana dan kegiatan Kodim 1615/Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat resmi ditutup. Penutupan berlangsung di Lapangan gotong royong Masbagik, Kamis (22/08/2024).

TMMD Ke-121 dengan tema “Darma Bakti TMMD mewujudkan percepatan pembangunan diwilayah” merupakan bagian dari program lintas sektoral yang diprakarsai oleh TNI bersama kementerian dan lembaga pemerintah terkait, serta melibatkan seluruh komponen masyarakat. Program ini bertujuan membantu percepatan pembangunan didaerah 3T.

Pengentasan stunting, KB kesehatan, pertanian, bahaya narkoba, hukum dan kamtibmas, bela negara serta berbagai materi lainnya, dalam rangka membangun dan meningkatkan sumber daya masyarakat setempat.

Dalam sambutan Pangdam IX/Udayana yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem (Kasrem) 162/Wira Bhakti Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung menyampaikan, pada kegiatan TMMD Ke-121 TA 2024, setiap satuan tugas juga diwajibkan untuk mengerjakan sasaran tambahan yang merupakan program unggulan Kasad, yaitu TNI AD Manunggal Air, Ketahanan Pangan, RTLH, bersatu dengan alam dan percepatan penurunan angka stunting yang semuanya bertujuan untuk pemerintah mendukung program

“Atas pelaksanaan TMMD ini, saya Pangdam IX/Udayana, selaku pengendali kegiatan operasi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang telah menganggarkan APBD, untuk mendukung program TMMD ke-121 TA 2024,” ucap Kolonel Inf Susanto.

Kepada Dansatgas TMMD, segera lakukan konsolidasi secara menyeluruh. Evaluasi pelaksanaan kegiatan kali ini, sebagai bahan perbaikan pada TMMD mendatang. Perhatikan faktor keamanan selama perjalanan kembali kesatuan masing-masing.

“Akhirnya, dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Kamis tanggal 22 Agustus 2024 TNI Manunggal Membangun Desa Ke-121 TA 2024, secara resmi ditutup,”pungkasnya.

Dandim 1615/Lombok Timur, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, menyampaikan terimakasih kepada Pemda Lombok Timur, Pj Bupati Lombok Timur, H. Muhammad Juaini Taofik, rekan-rekan media, baik cetak, elektronik dan online. Berbagai publikasi terkait TMMD, diharapkan mampu membuka wawasan masyarakat, bahwa TNI akan selalu hadir untuk mengatasi kesulitan rakyat.

“Segenap Komponen Masyarakat”

“Tidak lupa juga saya sampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh prajurit TNI dan Polri, beserta segenap komponen masyarakat. Berkat sinergi, gotong royong dan saling bahu membahu, kegiatan TMMD dapat terselenggara dengan aman, lancar dan tepat waktu,” ungkapnya.

Hasil TMMD akan selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Daerah setempat, untuk digunakan dan dipelihara bersama-sama, sehingga manfaatnya dapat yaitu; tertinggal, terisolir dan terluar. Program TMMD Ke-121 bukan semata mencapai sasaran fisik dan non fisik, namun lebih penting bagaimana bantu mengatasi kesulitan rakyat. “Dengan demikian, kita dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mewujudkan sekaligus kemanunggalan TNI bersama rakyat,” harapnya.

Pada TMMD ke-121 TA 2024, jajaran Kodam IX/Udayana, telah menyelesaikan 9 sasaran fisik oleh 4 Satgas TMMD, yang tersebar di Kabupaten Sikka, Belu, Lombok Timur dan Kabupaten Klungkung. Sasaran fisik yang dikerjakan meliputi pembangunan fasilitas jalan, perbaikan sarana irigasi dan rehab rumah ibadah.

Selain melaksanakan sasaran fisik, tidak kalah pentingnya adalah penyelenggaraan kegiatan sasaran non fisik, berupa penyuluhan dan sosialisasi pengetahuan dengan harapan dapat dirasakan dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

“Kami menyadari, masih terdapat kekurangan yang perlu dievaluasi, serta banyaknya permintaan dan harapan dari Pemda maupun masyarakat yang belum terwadahi. Semoga aspirasi yang tertunda, dapat diwujudkan pada program TMMD yang akan datang,” pungkasnya.

Pen Kodim 1615/Lotim – Fajri Marga Utama

Kepala Staf Korem 162/Wira Bhakti Kolonel Inf Susanto Lastua Manurung resmi menutup kegiatan TMMD Ke-121 TA 2024 dengan memukul gong. Foto: Pen Kodim 1615/Lotim.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS