Bandara Hong Kong Operasikan Runway Ketiga

July 13, 2022

HONG KONG, govnews- idn.com – Bandara Internasional Chek Lap Kok Hong Kong (HKG) mulai pekan lalu ( 8 Juli 2022 ) mengoperasikan landasan pacu ( runway ) ketiganya.

Operasional landasan pacu itu telah menambah luas bandara 650 hektare menjadi 1.606 ha dan sekaligus akan meningkatkan kapasitas pergerakan ( movment ) pesawat 50%. Landasan pacu ketiga ini merupakan bagian dari proyek senilai HK$ 141,5 miliar atau setara US$ 18 miliar.

Landasan pacu ketiga Bandara Hong Kong yang mulai beroperasi pekan lalu. (@hongkongairport)

Selain itu, di bandara tersebut juga sedang dibangun kompleks hiburan, ritel dan komersial dengan nilai investasi HK$ 20 miliar yang digarap oleh konglomerat lokal New World Development Co. Proyek itu lebih besar dari Grand Central Terminal New York.

Proyek pengembangan Bandara Internasional Hong Kong ini dirancang untuk memperkuat peran Hong Kong sebagai pusat penerbangan Asia.  Proyek perluasan bandara Hong Kong saat ini merupakan yang terbesar sejak bandara itu dibuka tahun 1998, menggantikan Bandara Kai Tak yang sempit dan dekat pusat kota.

Sejak dibangun, bandara itu dengan cepat berkembang karena punya peranan penting memperkuat peran Hong Kong sebagai hub global untuk penerbangan. Pada tahun 2018, bandara ini mencatatkan jumlah penumpang sebanyak 74 juta orang. Bandingkan dengan 29,5 juta penumpang di Kai Tak pada tahun 1996.

IMS

 

Pesawat pertama yang mendarat di runway ketiga Bandara Hong Kong. Foto:@hongkongairport.

 

RELATED POSTS