Hotel Terapung di Mandalika Mampu Tampung 2.600 Wisatawan

March 16, 2022
LOMBOK, govnews-idn.com – Pemerintah terus berupaya memenuhi ketersediaan penginapan untuk wisatawan saat gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022, di Lombok Nusa Tenggara Barat. Salah satunya adalah dengan menyiapkan kapal sebagai hotel terapung.
 
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Helson Siagian mengatakan  selain menyiapkan akomodasi di darat, pemerintah juga menyiagakan satu kapal besar dan lima kapal phinisi untuk dijadikan hotel terapung. Kapal-kapal itu, kata Helson, akan sandar di pelabuhan Lembar dan siap digunakan mulai 18 Maret sampai gelaran MotoGP selesai. 
 
“Pelni siapkan KM Kelud berkapasitas 2.500 orang. Sedangkan Pelindo menyiagakan 5 kapal phinisi, Masing-masing berkapasitas 20 orang,” kata Helson, saat melakukan verifikasi lapangan kesiapan fasilitas penunjang MotoGP Mandalika, di Lombok, NTB, Minggu (13/3/2022).
 
Kemenhub menugaskan Pelni untuk menyediakan hotel terapung. (Dok. Kemenhub)
 
 
“Untuk reservasi dan penjualan diserahkan pada pemda NTB,” sambungnya. 
 
Helson juga memastikan, pemerintah sudah melakukan berbagai simulasi, termasuk kelancaran pelayanan dan pengamanan di pelabuhan. “Ini terkait dengan operasional hotel terapung,” ujarnya. 
 
Sebagai informasi, data Dinas Pariwisata NTB menyebutkan,  dari 17.833 total akomodasi yang tersedia, sebanyak 11.169 akomodasi atau 62 persen-nya telah tersewa. Bahkan dalam rentang tanggal 4 hingga 7 Maret saja, sebanyak 547 akomodasi telah dipesan. Akomodasi di daratan ini tidak hanya berlokasi di Mandalika dan Mataram saja, namun tersebar di Sembalun, Jerowaru, Gili, dan Tete Batu.
 
MULIA GINTING
 
KM Kelud ini dipersiapkan Pelni untuk dijadikan hotel terapung. Foto: Dok. Pelni

RELATED POSTS