Bupati Katingan Resmikan Penerbangan Perintis di Bandara Tumbang Samba

March 8, 2022
KATINGAN, govnews-idn.com – Bupati Katingan Sakariyas meresmikan penerbangan perintis bersubsidi di Bandara Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, Kalimantan Tengah. 
 
Penerbangan perintis itu menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan, pulang pergi. “Peresmian penerbangan perintis dari Tumbang Samba menuju Banjarmasin pulang pergi pada hari ini merupakan perjuangan yang luar biasa,” kata  Bupati  Sakariyas saat penerbangan perdana di Bandara Tumbang Samba, Senin ( 7/3/2022).
 
Bupati Katingan meminta masyarakat Katingan untuk memanfaatkan penerbangan tersebut karena biaya tarif per orang terbilang cukup murah dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan bila menggunakan transportasi darat atau travel. Selain itu waktu yang ditempuh jauh lebih singkat.
 
 
Bupati Katingan Sakariyas (kanan) berbincang dengan pilot Susi Air. Foto: Dok Pemkab Katinngan)
 
“Saya ucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara dan khususnya kepada Kepala Bandara Tumbang Samba Pak Huntal Purba yang telah memperjuangkan adanya penerbangan ini,” katanya.
 
Kepala Bandara Tumbang Samba Huntal Purba menjelaskan bandara dibangun sekitar tahun 1985. Dua tahun terakhir pihaknya terus melakukan perbaikan sarana dan prasarana. Upaya perbaikan itu membuahkan hasil dengan adanya penerbangan Banjarmasin – Katingan PP.
 
Mengapa memilih rute Banjarmasin? Mengapa bukan Palangka Raya? 
 
Kabandara menyebutkan alasan rute penerbangan Tumbang Samba- Banjarmasin ini merupakan hasil evaluasi kebutuhan dan minat masyarakat. Kabandara menambahkan pada 2015 sempat beroperasi rute Tumbang Samba-Tjilik Riwut Palangka Raya.
 
 
Kepala Bandara Tumbang Samba Huntal Purba di depan terminal bandara tersebut. Foto: Dok. Bandara Tumbang Samba
 
Belakangan  dengan pembangunan infrastruktur jalan darat, masyarakat jarang menggunakan pesawat dari Palangka Raya menuju Tumbang Samba maupun sebaliknya karena jalan darat teraspal semua. Justru dari hasil evaluasi,  minat masyarakat Tumbang Samba khususnya di bidang ekonomi cenderung banyak ke Banjarmasin. Untuk jalur darat perlu waktu 8-9 jam.
 
“Sedangkan menggunakan pesawat butuh waktu 55-60 Menit saja. Harapannya dengan rute ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Kabandara kepada media beberapa hari sebelum penerbangan perdana.
 
Penerbangan rute Banjarmasin – Tumbang Samba beroperasi setiap hari Senin, pukul 11.25 WITA – 11.30 WIB sedangkan dari Tumbang Samba berangkat jam 11.40 WIB-14.00 WITA. Maskapai yang melayani adalah Susi Air dengan Grand Caravan berpenumpang 12 orang. Info dari petugas Susi Air, tarif penerbangan Banjarmasin-Tumbang Samba sebesar Rp319.800 dan Tumbang Samba-Banjarmasin Rp399.800 dengan waktu tempuh berkisar 60 menit.
 
IMS
 

Pesawat Susi Air di Bandara Tumbang Samba, Kalimantan Tengah. Foto: Dok. Bandara Tumbang Samba

RELATED POSTS