Jelang HUT KAHMI ke-56, Wisata Religi ke Makam Pendiri HMI Prof Lafran dan PB Sudirman

September 8, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com -Dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HUT-KAHMI) pada 17 September 2022, Majelis Nasional KAHMI mengadakan wisata religi ke makam pendiri HMI Prof Lafran Pane di Karang Kajen Jogjakarta.
 
Kunjungan tersebut menjadi kegiatan pertama dari seluruh rangkaian HUT KAHMI ke-56 pada tahun 2022. Wisata religi menjadi pondasi spirit, sebagai penggugah bagi kader HMI KAHMI, betapa besarnya warisan (legacy) yang dibangun Prof Lafran Pane yang telah mendirikan HMI. 
 
Selain itu, rombongan juga berziarah ke pemakaman Panglima Besar Jenderal Sudirman dan Pemakaman KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah.
 
Ziarah ke makam Lafran Pane
 
Wisata religi ini menunjukkan adanya semangat kebangsaan yang menghargai jasa para pahlawan nasional, termasuk Prof Lafran Pane yang telah berhasil mendirikan HMI sebagai organisasi kemahasiswaan tertua dan pernah akan dibubarkan gerombolan PKI.
 
“Wisata religi ke Panglima besar Jenderal Sudirman dan Prof Lafran Pane, menjadi spirit dan energi baru bagi para kader KAHMI untuk melanjutkan perjuangan Prof Lafran Pane dalam membangun insan cita dan mewujudkan negara  Indonesia yang baldatun toyibatun warobbun gofur. Dengan insan cita, Indonesia akan menjadi negaranya sejahtera subur, makmur dan diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa,” kata Gefarina Djohan, Ketua Panitia HUT KAHMi ke-56.
 
Upaya menciptakan insan cita ditunjukkan dengan banyaknya alumni HMI yang telah mengisi posisi penting dan berkontribusi nyata bagi bangsa dan negara, baik melalui lembaga pemerintah, swasta dan kemasyarakatan. 
 
Mereka yang melakukan ziarah
 
Tokoh yang juga kader KAHMI telah mengisi posisi strategis bangsa ini, di antaranya Jusuf Kalla (Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2004-2009 dan 2014-2019), Pimpinan Lembaga Tinggi Negara (MPR/DPR) Akbar Tanjung, Amin Rais, Zulkifli Hasan dan Bambang Susatyo. Posisi penting di organisasi kemasyarakatan juga merupakan alumni HMI seperti Amien Rais (mantan Ketua PP Muhammadiyah) dan Yahya Staquf (Ketua Umum PB NU.
 
Rangkaian kegiatan HUT KAHMI akan dilanjutkan dengan Donor Darah di Jakarta, Jalan Sehat di Gelora Bung Karno Jakarta, Seminar  Nasional dan malam puncak HUT KAHMI yang diselenggarakan pada hari Sabtu 17 September 2022, di hotel Kartika Candra Jakarta.
 
RM
 
Melakukan ziarah ke makan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Foto: RM

RELATED POSTS