Menparekraf: Lovina Festival 2023 Buleleng Geliatkan Perekonomian Bali Utara

July 22, 2023

BULELENG, govnews-idn.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) dukung Lovina Festival 2023 di Kabupaten Buleleng, Bali, sebagai upaya membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja di wilayah Bali Utara.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan kegiatan pada 21-23 Juli 2023 diinisiasi Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan mengusung tema “Buleleng Ecotourism Going to Quality and Sustainable Tourism”.

“Ini selaras dengan kebutuhan market dan bumi kita tercinta akan wisata yang bertanggung jawab dan berkelanjutan,” kata Sandiaga pada Jumat (21/7/2023),

Dia mengajak seluruh wisatawan nusantara maupun mancanegara untuk menghadiri festival yang digelar di Pantai Binaria Lovina. “Saatnya kita ikut serta dalam perubahan menuju ekosistem pariwisata yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan,” katanya.

Festival ini dipusatkan di tepi pantai sekitar Desa Kalibukbuk dan Kaliasem.

Parade Budaya

Ada 7 materi pokok di Lovina Festival 2023 yaitu, parade budaya, pagelaran seni dan musik, lomba-lomba, pameran UKM, kuliner-ekonomi kreatif, demonstrasi, aktivitas, lokakarya atau seminar yang siap memberikan impresi khusus bagi turis yang berkunjung ke pantai.

Adapun kegiatan di hari pertama yaitu Beach Clean Up, pasar murah, gerakan cinta dan bangga rupiah, parade budaya, fashion show, pentas seni, pertunjukan seni dan hiburan, serta bazar UKM kuliner dan ekraf.

Hari kedua diisi dengan beragam acara di antaranya Underwater Clean Up, VW tour, Stand Up Paddle, Sampi Gerumbungan, Volley Beach, Cooking Class, Megangsing, Kecak On The Beach, Yoga On The Beach, Flair Juggling Competition, pemutaran film “Luchsinger and The God”, serta pertunjukan seni dan hiburan.

Sementara itu, pada hari terakhir akan diselenggarakan Fishing Tournament, VW tour, Pagelaran Hari Anak Nasional, Diskusi Film, Fun Run, dan Zumba Party.

Namo Fitzgerald

Sandiaga Uno saat membuka Lovina Festival 2023 dengan tema “Buleleng Ecotourism Going to Quality and Sustainable Tourism”. Foto: Humas.

RELATED POSTS