Menparekraf Apresiasi Festival Bunga dan Buah Tanah Karo Masuk Karisma Event Nusantara 2024

July 6, 2024
ssu51

BERASTAGI, govnews-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S. Uno mengapresiasi pergelaran Festival Bunga dan Buah Tanah Karo 2024 di Tugu Perjuangan, Pusat Kota Berastagi, Karo, Sumatera Utara, Jumat (5/7/2024) yang masuk deretan 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Menparekraf Sandiaga, menyampaikan bahwa event Festival Bunga dan Buah Tanah Karo merupakan sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

“Festival Bunga dan Buah ini mengingatkan kita kepada negara-negara yang maju pariwisatanya. Dan di Karo ini dikenal dengan buah-buahan yang sangat luar biasa seperti jeruk, salak, juga ada alpukat, buah naga dan kurma yang atas perintah Presiden Jokowi agar terus dikembangkan. Melalui festival ini ekonomi masyarakat bisa digerakkan karena banyak yang terlibat. Dan nanti ini harus ada hilirisasinya,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menjelaskan, Festival Bunga dan Buah Tanah Karo dengan tema “Karo Glorious Nature”, diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atas kesuburan lahan. Berawal dari kegiatan yang hanya bisa disaksikan di tingkat desa, kini dapat dinikmati secara nasional.

Festival Bunga dan Buah Tanah Karo turut melibatkan seluruh desa di Kabupaten Karo dalam bentuk karnaval untuk memamerkan hasil bumi dan parade kendaraan mobil hias yang unik, serta kolaborasi atraksi budaya dan tradisi yang dapat menjadi simbol harmoni masyarakat.

Penyelenggaraan event yang diselenggarakan pada 4-6 Juli 2024 ini mengangkat berbagai keunikan atraksi dan pameran produk kreatif UMKM terbaik di Provinsi Sumatera Utara.

Harus Ditingkatkan

Untuk itu, Menparekraf menekankan bahwa kegiatan yang masuk agenda KEN tersebut harus ditingkatkan agar lebih baik lagi pada tahun depan. “Sehingga bukan hanya dikunjungi wisatawan lokal, nasional saja melainkan mancanegara juga,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Bupati Kabupaten Karo, Cory Sriwaty Sebayang, menyampaikan bahwa tahun ini Festival Bunga dan Buah Tanah Karo menargetkan 80.000 kunjungan. “Hingga saat ini sudah tercapai 45.000,” jelas Cory,

Cory juga menyampaikan terima kasih kepada Menparekraf yang telah mendukung pariwisata di Kabupaten Karo.

“Dengan kedatangan Pak Menteri membawa satu hal kemajuan untuk Tanah Karo, dalam arti kepada Pak Menteri Kabupaten Karo akan lebih maju lagi di bidang pariwisata, khususnya pesta nasional nantinya,” tutur Cory.

Turut mendampingi Menparekraf, Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Ario Prawiseso dan Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba,Jimmy Bernando Panjaitan. Serta turut hadir Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumut, Zumri Sulthony dan Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata, Munarta Ginting.

Namo Fitzgerald

Sembari mengacungkan jempol tanda top, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan,“Festival Bunga dan Buah ini mengingatkan kita kepada negara-negara yang maju pariwisatanya,” tegasnya. Foto: Humas.

RELATED POSTS