Kriya Ditetapkan Jadi Subsektor Ekonomi Kreatif Unggulan Kabupaten Buton Tengah

April 18, 2023

LABUNGKARI-BUTON TENGAH, govnews-idn.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menggelar uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara guna menentukan subsektor ekonomi kreatif unggulan.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto mengatakan, Kabupaten Buton Tengah tak hanya menyimpan keindahan alam yang mempesona, tetapi juga memiliki potensi ekonomi kreatif yang layak untuk dikembangkan.

“Kabupaten Buton Tengah dengan inisiasi dan dorongan luar biasa dari seluruh pihak, terus berkoordinasi dengan kami sehingga rangkaian proses Uji Petik PMK3I sejak tanggal 14 hingga 17 April dapat dilaksanakan dengan lancar,” kata Hariyanto, Selasa (18/4/2023).

PMK3I bertujuan untuk mengidentifikasi potensi ekosistem ekonomi kreatif di Kabupaten Buton Tengah secara bottom-up melalui mekanisme pengisian borang dan uji petik.

“Melalui Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Uji Petik PMK3I pada Minggu (16/4/2023), telah disepakati subsektor kriya dengan kekhususan kriya tenun sebagai subsektor ekonomi kreatif unggulan Kabupaten Buton Tengah yang akan menghela subsektor kuliner dan fesyen,” katanya.

Mengunjungi dan Mewawancarai

Menindaklanjuti hasil itu, Kemenparekraf/Baparekraf bersama dengan tim penilai program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif mengunjungi dan mewawancarai pelaku ekonomi kreatif dari subsektor kriya, fesyen dan kuliner di Kabupaten Buton Tengah. Diketahui kriya tenun di Buton Tengah berbasis kepada tradisi dan daya kreativitas masyarakat lokal melalui pemanfaatan warisan budaya lokal yang turun temurun sejak abad XII.

Jumlah penenun di Kecamatan Mawasangka Tengah merupakan basis penenun Buton terbanyak di Buton Tengah, di mana ada 10 desa dan satu kelurahan yang seluruh masyarakatnya bekerja sebagai pengrajin tenun. Tenun Buton Tengah bahkan telah dipamerkan di New York Indonesia Fashion Week 2023.

Pj. Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup mengatakan, hal ini sejalan dengan upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Buton tengah untuk mengembangkan potensi parekraf di daerahnya. Terlebih, Buton Tengah juga memiliki event budaya yang sarat dengan kearifan lokal dan tersebar di seluruh kecamatan, salah satunya adalah Festival Kande-kandea yang berhasil masuk Karisma Event Nasional (KEN) 2023.

“Hampir seperempat APBD dialokasikan untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang berbasis pada sektor koperasi dengan trigger dari sektor maritim,” ungkap Yusup.

Namo Fitzgerald

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Hariyanto bersama Pj. Bupati Buton Tengah, Muhammad Yusup dalam pelaksanaan uji petik PMK3I di Labungkari, Buton Tengah. Foto: Humas.

RELATED POSTS