Turnamen Toulon Ajang Uji Coba Timnas U-20

May 24, 2024
timnas020

JAKARTA, govnews-idn.com – Pelatih tim nasional Indonesia U-20, Indra Sjafri mengatakan, timnya akan memanfaatkan Maurice Revello Tournament atau Toulon Cup 2024 di Prancis sebagai ajang uji coba untuk melihat sejauh mana perkembangan kualitas timnya.

Dia sangat senang mendapatkan kesempatan dan dukungan dari PSSI untuk berangkat ke turnamen itu. Para pemain tim nasional (timnas) U-20 nanti bisa melawan pemain-pemain yang lebih senior dengan rentang U-21 sampai U-23 dari beberapa negara asal Eropa, seperti Ukraina, Prancis, Italia dan lainnya.

“Ini ajang bagus untuk uji coba. Apalagi lawan-lawan umurnya di atas mereka. Jadi kami selalu membawa yang umur segitu meski lawannya lebih tua,” ujar Indra usai memimpin latihan terakhir skuad Garuda Muda di Lapangan ABC, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (24/5/ 2025) pagi, sebelum bertolak ke Como, Italia untuk menjalani pemusatan latihan (TC).

Indra menceritakan selalu mengikutsertakan pemain di bawah 19 tahun atau 20 tahun sejak tiga kali mengikuti turnamen tersebut karena ingin memberi pengalaman lebih kepada para pemain guna merasakan atmosfer yang berbeda.

Indra mengatakan di turnamen tersebut akan membawa 30 pemain yang diberangkatkan dengan tiga gelombang mulai tengah malam nanti. Saat di Italia, lanjut dia, ada beberapa pemain diaspora akan bergabung seperti Jens Raven yang kini memperkuat klub FC Dordrecht U-21 dan berposisi sebagai penyerang.

“Jumlah diaspora yang bergabung masih fluktuatif. Mungkin masih ada beberapa yang masih akan kami lihat dulu perkembangannya,” kata pria yang juga Direktur Teknik PSSI itu.

Sebagian dari pemain Timnas U-20 yang menjalani TC di Italia dan mengikuti Maurice Revello Tournament atau Toulon Cup 2024. Foto: Humas.

Artikel  ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS