The 4th Asia Cup Bridge Championship: Target Dua Emas Tercapai Indonesia Juara Umum.

October 26, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – PB Gabsi pantas diacungi jempol terutama Komite Pembentukan dan Pembinaan Tim Nasional di bawah pimpinan Laksamana Pertama TNI Teguh Widodo, S.E. yang secara jitu setelah menganalisa kekuatan pesaing dan  memberi target dua medali emas untuk kontingen Indonesia.
 
Teguh Widodo yang juga merangkap tim manager kontingen Indonesia telah menetapkan dua medali emas sekaligus mengumumkan sumber datangnya medali emas dari nomor campuran dan putri dan ini terbukti.
 
Selain keberhasilan dalam hal prestasi, target lainnya yang ditetapkan oleh Ketua Panpel Mayjen TNI Purn Ivan R. PELEALU, SE, MM yang juga Wakil Ketua Umum PB Gabsi juga tercapai yaitu sukses penyelenggaraan.
 
Hal ini bisa diketahui karena seperti berita kemarin di mana hampir seluruh kontingen menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Ketua Umum PB Gabsi, Prof. Dr. Miranda S. Goeltom S.E., MBA yang datang meninjau bersama Mikael Lakat Sekertaris Panpel  atas penyelenggaraan The 4th Asia Cup Bridge Championship 2022 yang menurut mereka berjalan dengan mulus yang tentu saja ini tidak lepas dari  kerja keras Panpel dan PB Gabsi mempersiapkan event akbar ini.
 
Medali emas pertama diraih dari kategori putri, Tim putri yang diperkuat oleh Fera Damayanti/Riantini, Conny E Sumampouw/Rury Andhany, Roro Joffani TD/Rachma Shaumi dengan captain Hendra Railis dan Pelatih Kamto secara meyakinkan mengalahkan saingan utama mereka Taipei.
 
Walaupun ketinggalan carry-over 12 imp tim Indonesia tidak keteter malah mereka tampil dengan semangat yang gigih untuk membalas dendam atas kekalahan mereka di babak penyisihan.
 
Pada babak final yang berlangsung 3 segmen, Indonesia yang menurunkan kombinasi Fera Damayanti/Riantini dan Conny E Sumampouw/Rury Andhany secara terus menerus 3 segmen membantai Taiwan tiga kali berturut-turut. Segmen pertama menang tipis 43-38 imp lanjut session kedua menang telak 60-14 imp dan terakhir segmen ketiga menang lagi.
 
Dengan hasil kemenangan ini, Indonesia berhak atas medali emas sedangkan Taipei meraih medali perak, Medali perunggu direbut Hong Kong yang mengalahkan Singapura.
 
Tim Mixed
 
Selanjutnya medali emas kedua diraih dari kategori tim mixed. Indonesia  yang diperkuat oleh Lusje Bojoh/Taufik G Asbi, Kristina Wahyu M/Julius A George, Elsya S Ningtias/Robert Parasian dengan captain Rustam Effendy dan Pelatih Syahrial Ali berhasil mengalahkan India 
 
Kemenangan Indonesia atas India tidak dihasilkan dengan mudah. Bermodal carry-over 12 imp, Indonesia sempat dikejutkan oleh kuda hitam India. Menurunkan kombinasi Lusje Bojoh/Taufik G Asbi dan Elsya S Ningtias/Robert Parasian di segmen pertama, Indonesia kalah 50-31 imp sehingga Indonesia ketinggalan 7 imp.
 
Segmen kedua Elsya S Ningtias/Robert Parasian ditarik keluar digantikan Kristina Wahyu M/Julius A George. Penggantian yang berhasil karena Indonesia membalas dengan skor 48-31 imp.
 
Kombinasi ini tetap dipertahankan di segmen ketiga dan berhasil menambah keunggulan karena kembali menang. Tempat ketiga diraih Taipei yang mengalahkan Singapura.
 
Berkat perolehan dua medali emas ini, Indonesia sudah dipastikan sebagai juara umum apalagi ada tambahan bonus medali perunggu di kategori senior karena dua tim yang berhadapan dalam perebutan medali perunggu adalah tim Indonesia A melawan Indonesia B.
 
Medali perunggu akhirnya direbut oleh Indonesia B yang mengalahkan Indonesia A pada perebutan tempat ketiga.
Indonesia B diperkuat oleh Didi Andries (PC), Belly Rumengan, Freddy Lumenta, Eugene Y Maury, Rudy Ch. Nurhamidin dan Robby Lempoy.
 
Sementara itu Hong Kong meraih medali emas di kategori putra setelah mengalahkan Selandia Baru dan medali perak diraih India yang menang atas Jepang.
 
India meraih medali emas di kategori senior setelah Jepang menyerah tidak melanjutkan pertandingan segmen 3 karena sudah ketinggalan banyak.
 
NTO
 
Atlet Indonesia yang meraih juara umum The 4th Asia Cup Bridge Championship 2022. Foto: Humas
 
 
Dengan demikian perolehan medali adalah:
1. Indonesia 2 medali emas dan 1 medali perunggu.
2 India 1 medali emas, 1 medali perak  dan 1 medali perunggu
3. Hong Kong 1  medali emas  dan 1 medali perunggu
4. Taipei 1 medali perak dan 1 medali perunggu
5. Selandia Baru 1 medali perak
6. Jepang 1 medali perak
 
Sementara itu dari nomor pasangan hasilnya adalah:
Putra
1. Denny Jacob Sacul/ Franky Karwur
2. Anhar Haitani/Mulyadi
3. Elwindra/Muhammad Reza
Ketiganya dari Indonesia
Putri
1. Asha Sharma – Puja Brata (India)
2. Marina Leybourne – Viv Wood (Australia)
3. Vasanti Shah – Bharati Dey (India)
 
Mixed
1. Paulus Sugandi – Sartje Pontoh
2. Peeracha Suriya – Jittakan Pachimsawat (Thailand)
3. Sam Tseng – Niko Man
 
Senior
1. M Azizui Haque – A T M Moazzem H (Bangladesh)
2. Ching-Liang Wu – Chien-I Kuo (Taipei)
3. Kwang Chen – Wei-Shu Chen (Taipei)
 

RELATED POSTS