Rano Karno: Jangan Terlalu Banyak Lakukan Naturalisasi

November 9, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Anggota Komisi X DPR RI Karno Karno memberikan pesan kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule agar tidak terlalu banyak melakukan naturalisasi pemain. Nah, lho!

Hal itu disampaikan Rano Karno saat Rapat Kerja Komisi X dengan PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali terkait permohonan naturalisasi Shayne Pattynama di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/11/2022).

Aktor dan sutradara kawakan itu mengaku kasihan pada anak-anak muda Indonesia jika naturalisasi terus dilakukan. Meskipun sebenarnya proyek naturalisasi ini sudah pernah dilakukan sebelum kepengurusan Iwan Bule.

“Jangan terlalu banyak juga naturalisasi, nanti anak-anak kita tidak bisa bersaing. Kalau ukuran tinggi, tentu mereka lebih tinggi. Fisik, pasti lebih fisik. Tapi anak-anak kita yang sekarang di Turki kemarin main lawan Moldova bagus. Pertama menang, kedua seri. Itu artinya kita mulai berani [meski] dengan fisik-fisik kecil,” ucapnya.

“Walaupun memang perlu pemain-pemain naturalisasi, tapi jangan banyak. Nanti takutnya 11 pemain naturalisasi semua dan anak-anak kita tidak bisa bermain. Ronaldo Kwateh bagus itu. Jadi kalau membaca nama [Shayne] Pattynama ini memang Indonesia,” dia melanjutkan.

Melecut Semangat

Rano Karno pun berharap kehadiran pemain naturalisasi seperti Shayne Pattynama bisa melecut semangat pemain-pemain muda di sepakbola Indonesia. Selain Shayne, PSSI juga mendorong proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat. “Kalau memang kita perlu, tidak ada alasan untuk menolak, tapi mudah-mudahan kehadiran Shayne bisa mengangkat semangat anak-anak muda kita,” ujarnya.

Proses naturalisasi Shayne, Sandy dan Jordi Amat diharapkan bisa rampung secepatnya. Dengan begitu, tenaga ketiga pemain ini bsai dipakai Tim Nasional (Timnas) Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2022, 20 Desember-16 Januari 2023.

Rencana naturalisasi pemain tidak hanya dilakukan buat Timnas Indonesia. Saat ini PSSI masih terus mendekati pemain-pemain muda di Eropa yang memiliki darah Indonesia untuk dinaturalisasi dan memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengajukan 14 nama pemain dan dua di antaranya yakni Ivar Jenner dan Justin Hubner telah diundang ke Jakarta pada akhir Oktober lalu.

NTO

“Nanti takutnya 11 pemain naturalisasi semua dan anak-anak kita tidak bisa bermain,” ujarnya. Foto: NTO

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS