Proses Naturalisasi Shayne Elian Jay Pattynama Menunggu Kemenkumham

January 3, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Keppres tentang pemberian kewarganegaraan RI untuk Pemain Shayne Elian Jay Pattynama sudah di tanda tangani Presiden RI Joko Widodo. Selanjutnya yang bersangkutan akan mengikuti pengambilan sumpah di Kanwil Kemenkumham Prov DKI Jakarta. 

“Kita berharap proses ini bisa segera termasuk perpindahan dr Asosiasi Sepakbola Eropa ke Asosiasi Sepakbola Asia. Dengan kehadiran Shayne Pattynama diharapkan bisa menambah kekuatan Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi Timnas ke depannya,” ujar Menpora Zainudin Amali kepada Wartawan, Selasa (3/1/2023).

Menpora menegaskan bahwa langkah naturalisasi atau pemberian kewarganegaraan kepada calon pemain tim nasional sepakbola merupakan kebutuhan jangka pendek demi mempercepat prestasi tim nasional Indonesia.

Dalam Negeri

Zainudin tak ingin naturalisasi menjadi satu-satunya opsi untuk meningkatkan prestasi timnas. PSSI, kata dia, tetap harus mengutamakan pembinaan atlet-atlet muda dalam negeri.

“Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan pemain-pemain seperti yang sudah kami naturalisasi dua orang (Jordi Amat dan Sandy Walsh) ditambah hari ini Shayne Elian Jay Pattynama.”

“Tetapi sekali lagi, kita tetap bertumpu kepada pembinaan karena talenta kita tidak kurang, akademi-akademi di klub-klub itu juga melakukan pembinaan,” kata Zainudin Amali.

NTO

Shayne Elian Jay Pattynama. Foto: Humas

RELATED POSTS