Menpora Tinjau Kesiapan GBK Senayan Untuk Piala AFF

December 20, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali bersama Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo, memastikan pelaksanaan pertandingan Piala AFF 2022 saat Indonesia melakoni laga kandang berjalan baik pada tanggal 23 dan 29 Desember 2022 mendatang.

“Siang ini saya bersama Pak Kapolri meninjau kesiapan GBK atau Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai stadion tempat pertandingan Piala AFF yang akan dimulai tanggal 23 Desember (Indonesia vs Kamboja) dan 29 Desember (Indonesia vs Thailand) 2022 ini,” kata Menpora Amali di SUGBK, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Pelaksanaan kejuaraan sepakbola dua tahunan di Asia Tenggara ini, akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. Pada ajang ini, Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand dan Filipina. Menpora bersama Kapolri ingin venue pelaksanaan benar-benar telah siap.

“Sesuai peraturan Kapolri yang baru, sebelum pelaksanaan kegiatan kita harus pastikan dulu apakah tempat pelaksanaan itu benar-benar sudah siap, layak dan tentu telah memperhitungkan berbagai hal bisa muncul saat sebelum, selama dan setelah pertandingan,” tegas Menpora Amali.

“Pemerintah ingin berbagai kegiatan olahraga selalu menjadi tempat masyarakat untuk melihat bagaimana atlet idolanya khususnya timnas menjadi tontonan menarik bagi mereka dan itu tergantung pihak kepolisian,” tambah Menpora Amali.

Di fase grup ini Skuad Garuda menjalani dua laga kandang yang seluruhnya dimainkan di SUGBK, Jakarta, serta dua laga tandang. Jadwal Piala AFF 2022 bakal dibuka dengan laga Grup A Kamboja vs Filipina hari ini.

Melakoni Laga Pertama

Sementara itu, tim nasional (timnas) Indonesia dijadwalkan melakoni laga pertama pada Jumat (23/12/2022) melawan Kamboja di SUGBK Senayan, Jakarta. Setelah itu, Indonesia akan kembali melakoni laga kandang saat bersua Thailand pada 29 Desember mendatang juga di SUGBK.

Indonesia juga mendapat jatah dua laga tandang selama berjuang pada fase grup Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal melakoni kedua laga tandang tersebut ketika melawan Brunei di Kuala Lumpur Football Stadium (26 Desember 2022) dan Filipina di Rizal Memorial Stadium (2 Januari 2023).

“Pemerintah mendorong berbagai kegiatan khususnya sepakbola yang ujungnya adalah timnas yang kuat dan tangguh,” pungkas Menpora Amali.

Kapolri Listyo Sigit menyampaikan, inspeksi yang dilaksanakan bersama Menpora Amali dan pejabat terkait adalah sesuai dengan arahan Presiden.

“Baru saja saya dengan Pak Menpora dan seluruh pejabat yang terlibat persiapan pengamanan Piala AFF melaksanakan inspeksi secara langsung di SUGBK,” ujarnya.

“Ini sesuai arahan Bapak Presiden dalam rangka menciptakan iklim persepakbolaan yang lebih baik dan sesuai standart FIFA dan memerintahkan untuk melaksanakan evaluasi total. Mulai dari sistem penyelenggaraan dan sistem keamanan serta hal-hal yang menyangkut keselamatan pemain dan penonton,” tambahnya.

NTO

“Pemerintah mendorong berbagai kegiatan khususnya sepakbola yang ujungnya adalah timnas yang kuat dan tangguh,” pungkas Menpora Amali. Foto: Humas

RELATED POSTS