Medina Warda Aulia Diambang Sejarah Baru Lagi

August 5, 2023

BAKU, govnews-idn.com – Luar biasa! Dengan buah hitam, IM Medina Warda Aulia (2.355) kembali mencetak kemenangan pada babak pertama putaran ketiga Piala Dunia Catur yang berlangsung di Baku, Azerbaijan, Sabtu (5/8/2023).

Medina menaklukkan pecatur Rusia IM Alina Bivol (2.371) langkah ke-49 pembukaan Italia variasi Empat Kuda. Alina tampak ambisius karena pada langkah 14 dan 16 langsung menggebrak dengan memajukan bidaknya ke petak g4 dan h4 menyerang sayap-raja hitam. Padahal raja Alina masih di tengah papan.

Medina juga sudah melancarkan serangan balasan dengan memajukan bidak b5. Artinya raja Alina akan terjebak di tengah papan tidak bisa rokade. Akhirnya pada langkah 25 Medina berhasil membongkar sentrum dengan tusukan bidak c4.

Sejak saat itu raja putih terus menerus dalam ancaman kena skakmat. Ketika menyerah raja putih tinggal satu langkah lagi kena skakmat. Ketika keluar ruang pertandingan Medina yang masih terengah-engah bilang, “Doain ya semuanya biar besok paling tidak bisa remis”.

AYRP

Medina Warda Aulia di pantai laut Kaspia. Foto: Kristianus Liem.

RELATED POSTS