Malaysia Terbuka 2023, Ginting dan Jojo Sukses Menangi Laga Perdana

January 10, 2023

KUALA LUMPUR, govnews-idn.com – Dua pemain tunggal putra Indonesia sukses memetik kemenangan perdana pada turnamen bulutangkis Malaysia Terbuka 2023. Meski harus berjuang keras, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie akhirnya sukses melaju ke babak kedua.

Bertanding di Axiata Arena, Bukit Jakil, Kuala Lumpur, Selasa (10/1/2023) siang, Ginting dan Jojo perlu berjuang untuk mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik. Bahkan, Ginting malah sempat kehilangan game pertama, sebelum menang dengan skor 17-21, 21-18, 21-12 dalam durasi 65 menit atas Ng Ka Long Angus (Hong Kong).

“Puji Tuhan saya bisa menang dan tanpa cedera. Tadi, arah angin di lapangan sebenarnya hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Ada posisi menang dan kalah angin. Tinggal bagaimana pintar-pintar saja beradaptasi di lapangan,” komentar Ginting kepada Tim Humas dan Media PBSI.

Menyangjut kekalahan di game pertama, Ginting menyebut hal itu juga disebabkan adaptasinya yang belum jalan dengan kondisi lapangan yang berangin.

“Tadi di game pertama sebenarnya saya sudah berusaha mencari strategi tepat. Tetapi ada salahnya dan ada buru-burunya. Saya juga sempat ragu dan pukulannya jadi tanggung. Ini membuat lawan lebih enak menyerang,” aku Ginting.

“Di game kedua, posisi saya lebih enak karena di posisi kalah angin. Pola permainan saya pun bisa mengontrol dan bisa unggul. Saya juga sudah belajar bagaimana mencari timing yang pas untuk memukul shuttlecock,” tambahnya.

Kemenangan di game kedua dan tahu bagaimana beradaptasi, akhirnya membawa Ginting memenangi pertandingan game ketiga pada turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut.

“Berusaha”

“Di game ketiga, prinsip saya cuma berusaha mengumpulkan angka lebih banyak dulu sebelum interval. Sehingga saat pindah lapangan, saya bisa lebih tenang karena pada posisi kalah angin. Dan ternyata berhasil,” sebut Ginting.

Sebelumnya, Jojo juga harus berjuang saat menghadapi Wang Tzu Wei (Chinese Taipei). Namun lewat ketenangan, Jojo akhirnya menang dan maju ke babak kedua dengan skor 21-19, 21-13

Di game pertama, Jojo sempat letinggalan 8-16. Namun, berbekal penampilan yang lebih solid, dia mampu mengejar. Jojo juga mampu mengurangi kesalahan. Game pertama pun Jojo akhirnya unggul 21-19. Akhirnya, smash ke sisi kiri bidang lawan yang tak tertangkis, mengantarkan Jojo merebut tiket ke babak kedua setelah menang 21-13.

“Puji Tuhan, akhirnya bisa lolos dari lubang jarum. Di game pertama dari ketinggalan akhirnya bisa nyusul dan mampu memenangi laga,” tutur Jojo.

Menurut Jojo, hari ini kondisi angin di lapangan berbeda dengan kemarin saat latihan. “Hari ini di game pertama posisi saya menang angin tetapi di luar ekspektasi saya. Saya tidak menduga kalau anginnya akan sekencang itu,” ujar Jojo.

“Saya bersyukur setelah di game pertama ketinggalan jauh 8-16, pelan-pelan saya mengubah strategi permainan dan akhirnya menang. Tadi saya ketinggalan, saya terus mencari jalan dengan mendahului permainan depan lebih dulu dan lawan malah mengikuti permainan saya,” kata Jojo.

NTO

Anthony Sinisuka Ginting maju ke babak kedua setelah tumbangkan Ng Ka Long Angus (Hong Kong). Foto: Humas

Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS