Malaysia International Series 2022, Syabda Tembus Ke Partai Puncak

November 12, 2022

IPOH-MALAYSIA, govnews-idn.com – Syabda Perkasa Belawa tampil perkasa. Pemain tunggal putra Indonesia ini pun akhirnya bisa menembus partai puncak turnamen bulutangkis Malaysia International Series 2022.

Tiket ke final turnamen berhadiah total USD10.000 itu didapat Syabda yang bermain penuh semangat dan pantang menyerah. Dia pun akhirnya bisa mengalahkan Liu Liang dari China di semifinal dengan skor 16-21, 21-11, 21-14.

Dalam pertandingan tiga game yang berlangsung di Arena Badminton Perak, Kompleks Sukan MBI Ipoh, Malaysia, Sabtu (12/11/2022), Syabda sempat kehilangan game pertama. Namun dengan jiwa petarung, dia bisa berjuang dan akhirnya menang.

“Alhamdulillah bisa menyelesaikan pertandingan semifinal dengan sehat tak ada cedera dan bisa memenangkan pertandingan untuk maju ke final,” komentar Syabda kepada Tim Humas dan Media PBSI.

Menurut Syabda, pertandingan melawan Liu tersebut merupakan pertemuan pertama. Jadi pasti tidak mudah. “Jadi saat di awal game, saya sempat kesulitan dengan serangan-serangan lawan,” tambah Syabda.

Di final, Minggu (13/11/2022), Syabda akan bertemu Lei  Lan Xi asal China yang mengalahkan Bobby Setiabudi di semifinal. Perjumpaan dengan Lei juga merupakan yang pertama bagi Syabda.

“Besok itu merupakan pertemuan pertama saya juga. Jadi setelah pertandingan ini,  saya akan berdiskusi dengan pelatih, bagaimana pola permainan lawan dan harus bermain apa. Dan yang utama, saya siapkan stamina dan pikiran dulu dipulihkan supaya besok bisa memberikan permainan yang terbaik,” jelas Syabda.

Sayang kemenangan Syabda tidak diikuti rekan-rekannya. Meski sudah berjuang keras dan mengeluarkan seluruh kemampuan, ternyata tidak cukup bagi Bobby Setiabudi untuk melangkah ke partai pamungkas. Bobby harus mengakui keunggilan pemain China, Lei Lan Xi, 18-21, 7-21.

“Tadi menyesal dan kecewa sekali karena permainan saya juga belum maksimal dan kurang mengeluarkan semua kemampuan. Jadi sangat kecewa karena sudah sampai semifinal dan tinggal satu step lagi. Ini tentu menjadi pelajaran bagi saya,” komentar Bobby.

Juga Terganjal

Stephanie Widjaja juga terganjal untuk merebut tiket ke final. Pemain tunggal putri Indonesia ini pun harus puas sebagai semifinalis turnamen bulutangkis Malaysia International Series 2022.

Stephanie sebenarnya telah berjuang keras dengan memenangkan game pembuka. Namun, akhirnya harus takluk kepada Gao Fang Jie asal China dengan skor 22-20, 18-21, 10-21.

“Kekalahan ini harus menjadi pelajaran penting bagi saya. Bagaimana harus lebih siap dan tahan untuk menghadapi pemain lama dan sudah matang seperti dia,” kata Stephanie.

Menurut Stephanie, Gao Fang Jie yang memiliki postur jangkung, selalu menjadi kendala bagi dirinya. Selain punya jangkauan, lawan juga memiliki keunggulan lain berupa serangan tajam dari garis belakang.

“Karena punya tubuh tinggi, itu menjadi keunggulan lawan. Jadi, dia bisa menang di jangkauan dan bola belakangnya memang tajam-tajam,” ujar Stephanie.

Dari  pertandingan, menurut Stephanie, pola permainan di game pertama sudah benar. Sedangkan di game kedua, dia mengaku dirinya kurang memaksakan diri untuk lebih nekad bertarung.

“Di game kedua, sebenarnya sayang juga  karena di poin-poin kritis saya malah kurang memaksa sedikit lagi. Di game ketiga, memang kekuatan otot kaki saya sudah berkurang. Jadi tidak bisa bermain lebih cepat lagi dan hanya mengikuti lawan saja,” sebut Stephanie.

Satu wakil Indonesia yang lolos ke semifinal, pasangan ganda putra Muhammad Juan Elgiffani/Muhammad Nendi Novatino juga harus menelan pil pahit. Mereka gagal ke final usai dihentikan wakil China, Chen Bo Yang/Liu Yi dengan skor 13-21, 21-13, 12-21.

NTO

Syabda Perkasa Belawa ke final tunggal putra Malaysia International Series 2022. Foto: Humas

RELATED POSTS