Livoli 2022 Berakhir, Panpel Diminta Evaluasi Status Pemain

October 3, 2022
JAKARTA, jurnal-idn.com – Pelaksanaan Liga Voli Indonesia (Livoli) 2022  Divisi 1 yang berlangsung di Tabanan, Bali telah berakhir. Hasilnya dibagian putri tim voli BIN 023 menjadi jawara, runner up Bharata Muda Jakarta dan PLN Batam & Dist Jatim di peringkat ketiga. Sedangkan tim PDAM Tirta Bhagasari Bekasi jadi juara dibagian putera, disusul LavAni dan TNI AL.
 
Livoli divisi I tahun 2022 ini merupakan kejuaraan nasional antarklub voli, di mana Tabanan menjadi tuan rumahnya. Event ini berlangsung sejak 25 September hingga 2 Oktober 2022. Sebanyak 42 klub voli yang ikut dalam event ini, di antaranya 23 klub voli putra dan 19 klub voli putri.
 
Namun dibalik gelaran Livoli 2022 tersebut, sejumlah kritik dan evaluasi mencuat. Salahsatunya dari Dani Irawan dari pengurus persatuan bola voli (PBV) PLN. “Sayang karena ketentuan yang berlaku masih membolehkan setiap tim menggunakan pemain-pemain profesional (Proliga), sehingga tidak terjadi kompetisi yang selevel. Di mana Tim Voli PLN serta belasan klub peserta lainnya memprioritaskan para pemain muda binaan klub, namun beberapa klub voli justru menurunkan 100% pemain profesional (Proliga),” ungkapnya.
 
Menurut Dani, agak aneh karena tidak ada satupun cabang olahraga populer ditanah air yang membolehkan pemain-pemain profesional bermain dikompetisi amatir, apalagi Livoli divisi satu adalah level dua voli amatir di Indonesia. 
 
Lebih Baik Lagi
 
Oleh karena itu, dia berharap, momentum ini dapat dimanfaatkan menuju langkah selanjutnya untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi dalam rangka mendukung program Kemenpora menjadikan olahraga sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional secara utuh. 
 
“Kami dari pengurus PBV PLN mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan seluruh pemain, pelatih dan official PLN yang telah berhasil meraih tempat ketiga Livoli Divisi satu 2022,” ujarnya.
 
Selain itu, tambahnya, ucapan terima kasih pula disampaikan  kepada Manajemen PLN Pusat, PLN Batam, Distribusi Jatim, Disribusi Bali, serta seluruh keluarga besar PLN atas perhatian dan dukungannya kepada Tim Voli PLN. 
 
RM
 
Evaluasi harus dilakukan seusai Livoli 2022 Divisi I. Foto: Humas

RELATED POSTS