Josh Tiesto Tanto, Siap Membuktikan Kemampuan

December 1, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Atlet Sasana Rajawali Sakti Jakarta, Josh Tiesto Tanto sudah merasakan beratnya menembus Tim Nasional (Timnas) Wushu Junior Indonesia yang akan diterjunkan pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior VIII di ICE Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, 5-11 Desember 2022 mendatang. Apalagi, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) hanya memilih 12 atlet dari 33 atlet taolu yang menjalani seleksi nasional.  

Makanya, Josh, panggilan akrabnya, bertekad memberikan hasil yang terbaik saat bersaing di kejuaraan dunia yang diikuti 61 negara tersebut. “Ini merupakan penampilan perdana saya di kejuaraan dunia yang digelar di Indonesia. Dan saya siap memberikan yang terbaik sekaligus membuktikan bahwa saya adalah atlet yang berpotensi membanggakan Indonesia ke depannya,” kata Josh saat ditemui di Gedung GBK Arena Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Dalam upaya memenuhi ambisi itu,  remaja kelahiran Jakarta, 10 Februari 2006 ini tetap semangat meskipun harus menjalani program latihan cukup berat yang diberikan pelatih Taolu asal China, Zhang Yong Sheng. Dia ingin menyumbangkan medali saat tampil di kelompok Junior A putra.

“Target saya bisa memberikan yang terbaik. Mainnya bersih dan bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia,” katanya.

Sejak Usia 6 Tahun

Josh yang tercatat sebagai pelajar di Windors Homeschooling (Kwitang. Jakarta Pusat) ini mulai menekuni olahraga wushu sejak usia 6 tahun.  Pengidola Edgar Xavier Marvelo ini sudah mencatat prestasi di ajang event nasional dan internasional.

Dia meraih 4 medali pada  Kejuaraan Wushu Internasional Open di Malaysia, 3 emas Kejuaraan Wushu Internasional Open di Singapore, 3 emas di Wushu All Games 2019, 2 emas di Online Wushu Competition 2020, 1 perunggu dan 2 emas di Virtual Wushu Championship 2020,  3 emas di Internasional Virtual Wushu Championship 2020. 

Kemudian, dia meraih 3 emas pada Sirkuit Nasional Wushu Seri 1 2021,  2 emas Sirkuit Nasional Wushu Seri 2/2021 dan  2 emas pada Sirkuit Nasional Wushu Seri  3/2021.

Ketika ditanyakan soal saingan yang dihadapi di kejuaraan dunia nanti, Josh menjawab, “Atlet dari Iran, China, Hong Kong dan Vietnam patut diperhitungkan.”

NTO

Josh Tiesto Tanto menuntaskan gerakannya. Foto: NTO

RELATED POSTS