Jelang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, Bertolak ke Dubai Dengan Bekal Persiapan Prima

February 11, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Berkekuatan 16 pemain, tim bulutangkis Indonesia mengusung keyakinan kuat untuk berjaya pada Kejuaraan Beregu Campuran Asia atau Badminton Asia Mixed Team Championship 2023. Skuad Garuda bertolak ke Dubai, Uni Emirat Arab berbekal persiapan prima.

Dipimpin Kepala Bidang Pembinaan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Rionny Mainaky, tim Indonesia terbang dengan maskapai Emirates nomor EK 359 langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Sabtu (11/2;2023) pukul 00.15 WIB menuju Dubai.

“Malam ini, tim Indonesia berangkat ke Dubai dengan membawa optimisme tinggi. Semua pemain, pelatih dan tim pendukung juga dalam kondisi sehat dan fit untuk betanding ke kejuaraan beregu campuran Asia ini,” tegas Rionny di sela-sela check in di bandara kebanggaan bangsa Indonesia ini, Jumat (10/2/2023) malam.

Kejuaraan ini akan berlangsung di Dubai Exhibition Centre, Dubai, pada 14-19 Februari 2023. Indonesia tergabung di Grup C bersama Thailand, Bahrain, Suriah dan Lebanon. Kejuaraan ini menggunakan format seperti pada perebutan Piala Sudirman.

Indonesia mengirimkan 16 atlet ke ajang Asia ini. Di setiap sektor masing-masing diperkuat dua wakil. Di tunggal putra, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Pada ganda putra, ada pasangan nomor satu dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan juara Asia Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Sedangkan di sektor tunggal putri ada Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Pada ganda putri, dibela Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

Sementara itu, di ganda campuran, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati siap berjibaku untuk mempersembahkan kemenangan.

Menghadapi kejuaraan ini, Indonesia mempersiapkan diri dengan baik. Usai tampil di turnamen Daihatsu Indonesia Masters di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, akhir Januari lalu, para pemain langsung difokuskan untuk menghadapi ajang di Dubai tersebut.

“Memang tidak panjang, tetapi persiapan pemain terbilang cukup baik. Setelah sekitar dua minggu berlatih intensif, kondisi pemain juga prima. Kondisi bagus inilah yang menjadi bekal utama kami ke kejuaraan itu,” ujar Rionny.

Sangat Siap

Pemain tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting dan Chico Aura Dwi Wardoyo pun menyebut sangat siap untuk bertarung di kejuaraan bulutangkis beregu campuran se Asia tersebut. Sejak mengikuti ajang Daihatsu Indonesia Masters di Jakarta, keduanya langsung fokus berlatih untuk tampil di Dubai ini.

“Persiapan saya sudah oke untuk menghadapi kejuaraan beregu campuran Asia ini. Usai main dari Indonesia Masters, saya memang dipersiapkan untuk ke kejuaraan ini. Kondisi saya sih baik dan siap tempur,” tutur Ginting.

Chico yang sempat menyita perhatian dengan lolos ke final Indonesia Masters, mengaku dirinya juga dalam kondisi prima. Tidak ada cedera dan siap bertanding.

“Kondisi saya baik dan fit. Selama persiapan juga baik. Saya tidak merasa capek lagi setelah main di Indonesia Masters lalu. Tubuh saya bugar,” sebut Chico.

Suara senada datang dari Fajar/Rian. Keduanya siap berperan sebagai ujung tombak tim Merah-Putih. Persiapan keduanya juga oke.

“Kami siap tempur. Persiapannya juga baik, kendati pinggang saya sempat tidak merasa nyaman,” aku Fajar. “Saya dan Fajar tentu siap mengemban tugas ini,” timpal Rian.

Kesiapan juga disampaikan pemain ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti. Bersama partnernya, Apriyani Rahayu, Fadia siap tampil maksimal untuk membela skuad Merah-Putih.

“Kalau diturunkan, tentu saja saya harus siap. Bersama Kak Apri, apabila dimainkan saya akan tampil terbaik dan berusaha sekuat tenaga untuk menyumbangkan poin bagi tim,” aku Fadia.

ANTO

Tim Badminton Asia Mixed Team Championship 2023 di Bandara Soekarno-Hatta jelang berangkat ke medan laga. Foto: Humas.

Artikel ini sudah terbit di govnews.com

Tim Indonesia ke Badminton Asia Mixed Team Championships 2023

1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Chico Aura Dwi Wardoyo
3. Gregoria Mariska Tunjung
4. Putri Kusuma Wardani
5. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
6. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan
7. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
8. Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari
9. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
10. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

RELATED POSTS