Dirut PPKGBK Komitmen Dukung Pembinaan Olahraga Indonesia

November 8, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Pusat Pengelola Kompeks Gelora Bung Karno (PPKGBK) berkomitmen mendorong dan mendukung proses pembinaan olahraga Indonesia. Terlebih, multi-sport complex pertama di Indonesia ini dibangun dari perjalanan sejarah olahraga, yakni Asian Games IV/1962. 
 
Komitmen itu disampaikan Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo ketika menemui Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari di kantor NOC Indonesia, Senayan. Dalam pertemuan tersebut, Adi sekaligus menjelaskan bentuk konkret yang telah dilakukan PPKGBK memberikan kontribusi pembinaan olahraga Indonesia.
 
“Kami sangat menyadari komplek GBK ini hakikatnya dibangun untuk olahraga dan ini juga menjadi visi kami untuk menjadikan Kompleks GBK  menjadi salah satu kawasan olahraga terintegrasi yang modern, ramah lingkungan dan unggul di dunia,” kata Adi di Kantor NOC Indonesia, kemarin.
 
Meski demikian, Adi meminta masyarakat memahami peran PPKGBK. Sebab, PPKGBK sudah tidak lagi menerima bujet Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sejak mereka ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum (BLU) bersifat penuh sejak 2008, sehingga segala kebutuhan pengelolaan dan pemeliharan harus ditanggung sendiri oleh PPKGBK.
 
“Estimasi perawatan Kompleks GBK kurang lebih  Rp20 miliar per bulan. Biaya ini kami dapatkan dari sewa GBK. Kami tidak membebankan biaya sepeser pun untuk kebutuhan pembinaan atlet pelatnas yang direkomendasikan Kemenpora. Latihan atlet yang membela Merah Putih tentu menjadi prioritas kami, tapi event-event di GBK juga yang membiayai perawatan untuk kenyamanan berlatih di GBK,” ujar Adi. 
 
Terkait pro-kontra penggunaan fasilitas olahraga untuk kegiatan non-olahraga, Adi mengatakan PPKGBK selalu berusaha memberi kontribusi kegiatan pengganti untuk menunjang pembinaan olahraga. Seperti misalnya Joyland di Lapangan Softball, akhir pekan lalu.
 
“Telah Merencanakan”
 
PPKGBK bekerjasama dengan Klub Garuda dan didukung Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) serta Pengurus Besar Persatuan Baseball Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) telah berencana mengadakan  GBK Garuda Fest 2022 pada 13 November, 20 November, 27 November dan 4 Desember. 
 
Pertandingan baseball mempertandingkan kategori usia 8 (U-8) dan U-15. Sementara untuk softball dipertandingkan kategori fastpich putra dan slo-pitch putri. “Kami sudah merencanakan ini sejak jauh-jauh hari untuk mendorong pengembangan atlet-atlet muda Indonesia. Kami juga akan memastikan kenyamanan dan keamanan atlet yang akan bertanding di sana,” kata Adi.
 
Terpisah, Ketua PB Perbasasi Andika Monoarfa mengatakan akan membantu PPKGBK untuk memastikan lapangan softball dan baseball dapat digunakan atlet dengan aman. “PPKGBK tentu sudah memiliki prosedur penyisiran, tapi kami juga akan membantu dengan menggunakan metal detector guna menyisiri lagi dan memastikan lapangan dapat digunakan dengan aman,” kata Andika.
 
Sementara itu, Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan take and give yang dilakukan PPKGBK menjadi pola bisnis yang pada akhirnya menguntungkan semua pihak. Sebab, mengelola dan memelihara fasilitas di Kompleks GBK tidaklah mudah. 
 
“Saya juga sampaikan agar fasilitas olahraga yang sudah berstandar internasional bisa terjaga dan Dirut GBK menjelaskan SOP mereka,”  ujar Okto, sapaan karib Raja Sapta.
 
“Saya pribadi senang dengan pendekatan yang dilakukan Dirut Milenial PPKGBK. Kebijakan yang dia lakukan tak bisa dihindari. Saya juga berasal dari background pengusaha dan ketika mengelola usaha kita memang dituntut untuk mencari solusi guna mendapatkan win-win solution. Dan kami bersama PPKGBK juga sangat concern dengan talent scouting atlet guna membela bangsa.” 
 
NTO
 
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (batik) ketika menerima kehadiran Direktur Utama PPKGBK Rakhmadi Afif Kusumo. Foto: Humas
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-ina.com

RELATED POSTS