Catatan Sepakbola Piala Eropa 2024: Skotlandia vs Hungaria Partai Terakhir Grup A, Serasa Final!

June 22, 2024
nigara14

M. Nigara
Wartawan Sepakbola Senior

Govnews-idn.com – SKOTLANDIA vs Hungaria, meski jauh dari partai pemuncak Piala Eropa 2024, tapi laga terakhir bagi keduanya serasa partai final. Beatha no bas (bahasa Gaelik-Skotlandia) atau Elet vagy hala’l (bahasa Hungaria) alias Partai Hidup atau Mati, itu yang membuat laga ke-6 di Grup A pasti berjalan sengit.

Jerman, tuan rumah pesta sepakbola Eropa ke-17, kokoh berada dipuncak klasemen sementara setelah menghajar Skotlandia 5-1 di laga awal (14/6/24) dan menggilas Hungaria 2-0 (19/6/24). Swiss berada di posisi kedua denganhasil sekali menang 3-1 atas Hungaria (15/6/24) dan ditahan imbang 1-1 oleh Skotlandia (19/6/24). Sedangkan Skotlandia di peringkat tiga dari hasil draw dan Hungaria, masih belum memiliki poin lantaran dua kali kalah. Keduanya masing-masing minus 4 gol kemasukan.

Untuk maju ke fase knockout, UEFA memberikan empat tiket untuk peringkat ketiga terbaik. Austria yang ada di posisi ke-3 grup D, paling berpeluang lolos karena sudah memiliki 3 poin dari sekali menang 3-1 atas Polandia dan sekali kalah 0-1 dari Prancis. Bahkan, jika di laga terakhirnya melawan Belanda (25/6/24), Austria bisa menang, bukan tidak mungkin pasukan Ralf Rangnick bisa menjadi juara grup atau minimal runner up. Prancis yang juga mengantongi poin yang sama dengan Belanda, 4, berada di posisi kedua. Namun di laga terakhir, mereka akan menghadapi Polandia yang seperti telah kandas. Artinya peluang Les Bleus untuk menjadi juara grup sangat besar.

Selain itu, Slowakia dari grup E , tampaknya juga sangat mungkin aman posisi. Di grup ini, Rumania, Ukraina dan Slowakia masing-masing mengantongi poin 3 dari sekali menang dan kalah. Sementara Belgia, berada di dasar klasemen karena dua kali kalah.

Serasa Partai Final

Dengan posisi seperti itu, maka partai Skotlandia vs Hungaria menjadi sangat menarik. Tidak berlebihan jika saya menyebutnya laga penyisihan grup A serasa partai final. Keduanya sama memiliki peluang terbuka meski kasat mata, Skot mimiliki peluang lebih besar.

Siapa pun pemenangnya, maka difase knockout Spanyol sang juara grup B, sudah menunggul. Betul masih ada satu laga melawan Albania (24/6/24), tampaknya tim matador itu sudah mengamankan posisinya. Spanyol menang 3-0 atas Kroasia dan 1-0 atas Italia. Nah, di laga terakhir, Italia vs Kroasia dan Italia vs Kroasia.

Piala Eropa hendaknya jadi pelajaran bagi kita. Bagai mana pesta itu digelar dan bagaimana UEFA menarik keuntungan. Jangan sampai pesta bola itu hanya sekedar jadi tontonan semata.

M.Nigara

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS