Pemerintah Percepat Sosialisasi UU Cipta Kerja Untuk Perkuat Posisi KUMKM

September 11, 2022
PALEMBANG, govnews-idn.com – Pemerintah mempercepat sosialisasi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja untuk memperkuat UMKM menyangkut pelaksanaan Keputusan Presiden Nomor 10 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja dan penyampaian substansi pengaturan koperasi dan UKM dalam UU Cipta Kerja dan peraturan pelaksanaannya.
 
Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Henra Saragih, menyebutkan UU Cipta Kerja khususnya kluster koperasi dan UKM, hingga saat ini tingkat penerimaannya di masyarakat sangat tinggi. 
 
“Banyak kemudahan yang diterima pelaku koperasi dan UKM dalam UU Cipta Kerja. Begitu juga dengan peraturan turunannya,” kata Henra pada Workshop Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja, di Palembang, Sumatra Selatan, beberapa hari lalu.
 
Dalam konteks perizinan, dibagi ke beberapa tingkatan rendah, menengah dan tinggi berdasarkan resiko usaha yang akan dilakukan. Dalam UU Cipta Kerja dan Peraturan pelaksanaannya, PP 7/2021 mengatur ada perizinan tunggal bagi usaha mikro yang memiliki resiko rendah. 
 
“NIB berlaku sebagai izin usaha, sertifikasi standar dan sertifikasi halal,” ucapnya.
 
Dalam konteks pengaturan, UU Cipta Kerja disebut sudah baik. Namun pelaksanaannya, masih terdapat kendala teknis khususnya mengakses NIB dan perizinan melalui OSS. 
 
“Koordinasi antar K/L dan pendampingan bagi pelaku UMKM perlu dilakukan. Sehingga, tujuan diundangkannya UU Cipta Kerja dan peraturan turunannya dapat tercapai,” sambung Henra.
 
Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Riza Damanik menyampaikan dengan adanya forum ini diharapkan dapat melahirkan pokok-pokok pikiran yang tidak hanya menyempurnakan UU Cipta Kerja. 
 
“Namun juga, untuk memperkuat UU itu dalam tataran implementasinya,” terang Riza yang juga Wakil Ketua Pokja Strategi Sosialisasi, Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja.
 
Didominasi Produk UKM
 
Dia menginginkan pasar digital didominasi produk UMKM. Dan dengan terbitnya PP 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UKM sebagai aturan turunan UU Cipta Kerja. Diharapkan tumbuh semangat sama untuk mendorong transformasi digital yang kuat dan baik bagi koperasi dan UMKM.
 
Sementara Sekretaris Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja Arif Budimanta menjelaskan sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilakukan secara nasional. “Bertujuan untuk memberikan gambaran terkini terkait situasi tentang konstruksi UU Cipta Kerja dan manfaatnya, khususnya bagi para pelaku koperasi dan UMKM,” ulas Arif.
 
Permasalahan yang dikritisi peserta workshop di antaranya mengenai standarisasi terhadap produk UMKM yang dinilai perlu ada sinkronisasi untuk 3 standardisasi dan pelabelan terkait sertifikasi halal yang dikeluarkan BPJPH, SNI oleh BSN dan SPP-IRT yang dikeluarkan Badan POM. 
 
Peserta juga mendorong adanya Automatic Certification yang dapat mengharmonisasi ke-3 standarisasi tersebut. Sehingga, para pelaku UMKM cukup mengurus 1 izin saja. 
 
Di akhir workshop, Satgas Percepatan Sosialisasi UU Cipta Kerja bersama dengan para peserta UU Cipta Kerja merumuskan berita acara yang terdiri atas 7 poin yang merupakan hasil diskusi, masukan dan catatan terhadap UU Cipta Kerja yang masih perlu disempurnakan.
 
Ke-7 poin itu antara lain, diperlukannya penyeragaman format anggaran Dasar dan kebijakan Kode KBLI di akta pendirian koperasi oleh notaris. Termasuk batasan tarif atas pembuatan akta notaris. 
 
Kemudian, optimalisasi dan sinkronisasi data pada Online Data System (ODS), penyelarasan regulasi dan implementasi mengenai pengenaan biaya pengurusan sertifikasi halal, serta sinkronisasi atas 3 standar produk dan logo produk (Sertifikasi Halal, SNI dan SPP-IRT). Untuk menghindari inefisiensi bisnis bagi para pelaku usaha koperasi dan UKM.
 
MULIA GINTING – ERWIN TAMBUNAN
 
“Banyak kemudahan yang diterima pelaku koperasi dan UKM dalam UU Cipta Kerja. Begitu juga dengan peraturan turunannya,” kata Henra. Foto: KemenKopUKM

RELATED POSTS