Menparekraf: UMKM Berperan Topang Sektor Ekraf

October 6, 2022
BALI, govnews-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan besar menopang sektor ekonomi kreatif di tengah tantangan ekonomi. 
 
Seluruh dunia termasuk Indonesia menghadapi tantangan ekonomi seperti terjadinya inflasi dan potensi resesi yang akan memicu pengurangan aktivitas usaha. Dan berujung pada sulitnya mendapatkan lapangan kerja. 
 
Pemerintah telah menyiapkan beberapa program guna mengantisipasi inflasi dengan penguatan _supply_ dan memudahkan, melancarkan, menguatkan rantai distribusi secara transparan, terbuka dan berkeadilan berbasis digitalisasi. 
 
“Termasuk dengan memperkuat peran UMKM. UMKM adalah obat mujarab menghadapi resesi di mana UMKM menciptakan 97% lapangan kerja. UMKM juga yang bisa secara cepat mencari potensi pasar ekspor di tengah perlambatan ekonomi dunia,” ujar Sandiaga Uno usai peresmian “Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali”,  Rabu (5/10/2022).
 
NAMO FITZGERALD
 
Menparekraf Sandiaga Uno memotong pita untuk meresmikan “Kampus UMKM Shopee Ekspor Bali”. Foto: Humas

RELATED POSTS