LPDB-KUMKM Dukung Indonesia Jadi Kiblat Ekonomi Syariah Global

November 3, 2022

YOGYAKARTA, govnews-idn.com – Sejalan dengan target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kiblat ekonomi dan keuangan syariah global pada tahun 2024 mendatang, Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) melakukan langkah-langkah strategis penyaluran dana bergulir sektor syariah.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, salah satu kompenen penting mendukung target pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi dan keuangan syariah global pada 2024 mendatang adalah akses pembiayaan atau permodalan bagi para pelaku usaha di sektor syariah.

“LPDB-KUMKM sebagai kepanjangan tangan pemerintah yang fokus memberikan modal kerja kepada koperasi juga sejalan dengan pemerintah untuk terus memberikan dukungan kepada ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.”

Melalui Direktorat Pembiayaan Syariah, LPDB-KUMKM senantiasa hadir memberikan akses permodalan atau pembiayaan kepada koperasi syariah di Indonesia. Ini dilakukan untuk memberikan permodalan yang mudah, murah dan cepat bagi pelaku UMKM,” ujar Supomo pada Bimbingan Teknis Penyaluran Dana Bergulir Syariah di Yogyakarta, Kamis (3/11/2022).

Menurut Supomo, hingga akhir Oktober 2022 lalu, LPDB-KUMKM telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp1,4 triliun, dimana sebesar Rp7 miliar disalurkan  kepada koperasi syariah.

“Pembiayaan Syariah”

“Dan Alhamdulillah pada Oktober sudah menyalurkan Rp1,4 triliun dan 50% dari pembiayaan syariah. Dan sesuai arahan Menteri Koperasi dan UKM LPDB-KUMKM, memberikan pembiayaan harus by desain yang terbukti dapat menciptakan dan menumbuhkan ekosistem ekosistem baru di sektor keuangan syariah. Ke depan kami menyakini bahwa pertumbuhan yang sudah dicanangkan pemerintah Indonesia akan menjadi kiblat ekonomi syariah didunia,” jelas Supomo.

Bimbingan Teknis Pembiayaan Dana Bergulir Syariah ini dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan 36 koperasi syariah yang bersal dari Sumatera, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lombok dan Sulawesi.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, target pemerintah menjadikan Indonesia sebagai kiblat ekonomi syariah global sangat ambisius, tetapi jika dilihat secara potensi Indonesia memiliki potensi yang sangat besar. Mulai dari sisi pangsa pasar yakni 207 juta penduduk muslim, kemudian hingga industri halal.

“Diharapkan LPDB-KUMKM ketika menyalurkan dana bergulir juga tolong bantu koperasinya, bagaimana tata kelolanya lebih baik, model bisnisnya juga lebih inovatif. Karena kita tidak ingin koperasi itu masih konvensional secara pengelolaan bisnisnya,” pungkas Teten Masduki.

ERWIN TAMBUNAN

Dirut LPDB-KUMKM Supomo bersama MenKopUKM Teten Masduki menyerahkan KUR secara simbolis. Foto: Humas

RELATED POSTS