Legislator Tegaskan Koperasi Indonesia Butuh UU Adaptif

September 14, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Legislator Mufti Anam menegaskan koperasi Indonesia membutuhkan regulasi atau Undang-Undang (UU) Perkoperasian yang adaptif dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Sebab UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Koperasi dinilainya tidak mampu lagi mengakomodir kepentingan sektor koperasi saat ini.
 
Mufti Anam, Anggota Komisi VI DPR RI mengatakan hingga kini DPR sedang membangun inisiatif untuk mempercepat terwujudnya UU yang lebih adaptif bagi dunia perkoperasian di tanah air.
 
“UU yang dibuat pada era lama untuk dilaksanakan dengan situasi hari ini tentu jauh berbeda. Sekarang masyarakat misalnya banyak mencari kemudahan melalui aplikasi dan internet sehingga yang harus kita lakukan adalah mengadaptasi undang-undang yang ada selama ini,” katanya, Rabu (24/9/2022).
 
Agar UU kemudian mampu memberikan kemudahan dan adaptif dengan keinginan masyarakat di situasi era digital setelah pandemi.
 
Investasi Bodong
 
“Itu yang sedang kita dorong. Nah soal koperasi hari ini apa sudah baik dan sesuai prinsipnya, pada saat itu baik tapi di satu sisi tidak untuk iklim koperasi sejak banyak bermunculan badan hukum berkedok koperasi yang merugikan masyarakat atau investasi bodong berkedok koperasi,” ujar dia.
 
Ditambahkan, fenomena seperti inilah yang membuat UU Perkoperasian baru diperlukan untuk fungsi pengawasan yang lebih baik.
 
Oleh karena itu, pihaknya akan terus mendorong agar UU yang adaptif bagi koperasi bisa segera rampung dan diundangkan.
 
“Untuk tahun ini sudah kami usulkan tapi beberapa waktu lalu masih dipertimbangkan untuk apakah target diselesaikan tahun ini atau tahun depan. Tapi tentu ini kebutuhan mendesak maka kami pada setiap kesempatan mengupayakan agar bisa masuk Prolegnas. Sehingga segera terealisasi karena menjadi kebutuhan masyarakat kita.”
 
MULIA GINTING – ERWIN TAMBUNAN
 
“UU yang dibuat pada era lama untuk dilaksanakan dengan situasi hari ini tentu jauh berbeda,” ujar Mufti Anam. Foto: KemenKopUKM

RELATED POSTS