KemenKopUKM Raih Tiga Penghargaan di Ajang BKN Award 2022

September 6, 2022
JAKARTA, govnews-ina.com – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) meraih tiga penghargaan pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022. Yakni kategori Penerapan Pemanfaatan Data Sistem Informasi dan CAT, Implementasi Manajemen ASN Terbaik dan Special Mention Pilot Project SIASN.
 
“Ini merupakan tahun kedelapan sejak BKN Award diluncurkan pada 2015, dengan tujuan memacu kinerja Kementerian/Lembaga/Daerah melaksanakan implementasi manajemen ASN,” kata Sekretaris KemenKopUKM Arif Rahman Hakim di Jakarta, Selasa (6/9/2022).
 
SesKemenKopUKM menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan bagi instansi pemerintah yang dinilai berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN di lingkupnya masing-masing. Mulai dari aspek pengadaan, proses bisnis kepegawaian, manajemen kinerja, penerapan Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK), sampai dengan pemanfaatan layanan digital ASN.
 
Adapun penilaian BKN Award 2022 dibagi menjadi tiga kategori. Pertama, kategori utama berupa Implementasi Manajemen ASN Terbaik. Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, Penilaian Kompetensi, Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT. 
 
Ketiga, kategori spesial mention yakni Pilot Project SIASN dan Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian BKN.
 
“Dengan diraihnya tiga penghargaan itu, KemenKopUKM berkomitmen meningkatkan Pengelolaan Manajemen ASN dan Pengembangan Sistem Manajemen ASN,” ucap Arif.
 
Kebutuhan ASN
 
Meliputi Penyusunan dan Penetapan Kebutuhan ASN, Pengadaan ASN, Pengangkatan ASN, Pangkat, Jabatan, Pola Karier, Pengembangan Karier ASN, Mutasi, Penilaian Kinerja, Penggajian, Tunjangan dan Fasilitas, Penghargaan, Disiplin, Cuti, Kode Etik, Pemberhentian, Jaminan Pensiun dan Hari Tua, serta Pensiun dan Perlindungan.
 
Penghargaan bergengsi tersebut diserahkan pada penganugerahan yang diselenggarakan secara hybrid, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2022 dengan tema “Birokrasi dan Manajemen ASN di Masa Depan”.
 
Rakornas menghadirkan sejumlah narasumber yang berkompeten di bidangnya. Yakni, dari KemenPANRB, Bank BCA, Grab Indonesia, ESQ Leadership Center dan PT Pegadaian Persero. Para JPT Madya BKN juga memaparkan perspektif BKN dalam pelayanan kepegawaian.
 
Pada kegiatan ini sejumlah materi menarik disampaikan di antaranya Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, menyampaikan materi Tantangan Manajemen ASN di Masa Depan. Selanjutnya dari Bank Central Asia (BCA), terkait Tranformasi Digital dan Inovasi Teknologi Layanan BCA.
 
MULIA GINTING – ERWIN TAMBUNAN
 
BKN Award diluncurkan pada 2015. Foto: KemenKopUKM

RELATED POSTS