Tahun Depan, Pengelolaan Bandara Nusawiru di Pangandaran Bakal Dilelang

August 10, 2022

BANDUNG, govnews-idn.com – Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah mematangkan rencana untuk menawarkan pengelolaan Bandara Nusawiru yang berada di Pangandaran. Tahun depan, pemerintah setempat menargetkan menggelar lelang.

“Rencana tahun depan sudah proses ke arah lelangnya,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat A. Koswara pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Sebuah pesawat baru mendarat di Bandara Nusawiru Pangandaran. (@dishubjabar_bandara_nusawiru)

Koswara menuturkan sesuai dengan undang-undang, pemerintah daerah dapat melepas kewenangan pengelolaan bandara kepada pihak ketiga. Kecuali bandara tersebut merupakan bandara yang melayani penerbangan perintis.

Saat ini Bandara Nusawiru dikelola oleh UPTD Dinas Perhubungan Jawa Barat. Koswara mengakui pengembangannya belum maksimal. Sebab, akses bandara belum terintegrasi.
“Sampai sekarang, misalnya paket wisata Pangandaran, yang membawa Nusawiru belum ada. Jadi penggunaannya masih rendah, masih dipakai buat latihan, pesawat latih,” kata Koswara.

Koswara melanjutkan, melalui alih kelola ke pihak ketiga, dia berharap bandara ini dapat membuka akses lebih luas dan mendorong pergerakan pesawat yang lebih optimal. “Polanya gak usah langung gede, bertahap sesuai dengan kebutuhan saja. Sekarang bisa dikembangkan untuk wisata, wisata saja dulu, sampai nanti kebutuhan meningkat, permintaan meningkat, tambahkan lagi,” kata dia.

IMS

Penerbangan ke Bandara Nusawiru akan mendongkrak wisata Pangandaran. Foto:@dishubjabar_bandara_nusawiru.

RELATED POSTS