Strategi Komunikasi AirNav Raih Juara Ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit 2022

March 25, 2022
TANGERANG, govnews-idn.com – AirNav Indonesia raih gelar Juara Dua  dalam ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit Tahun 2022 (BCOMSS 2022). 
 
Penghargaan pada Kategori Communications Sub Kategori Social Media and Corporate Campaign tersebut diraih atas kesuksesan AirNav dalam menurunkan angka penerbangan balon udara liar yang membahayakan penerbangan melalui kampanye perusahaan secara masif berupa penyelenggaraan sejumlah event, pendekatan persuasif dan glorifikasi media sosial.
 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menyerahkan trophy juara secara langsung kepada Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana Banguningsih Pramesti, dalam Awarding Night BCOMSS 2022 yang digelar di Istana Olahraga (Istora) Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (23/3/2022) lalu.
 
“Alhamdulillah, AirNav dapat meraih gelar juara pada ajang BCOMSS untuk pertama kalinya. Ini merupakan bukti konkret atas upaya AirNav dalam menjaga keselamatan di ruang udara Indonesia dari waktu ke waktu”, ujar Polana sebagaimana dikutip dari airnavindonesia.co.id.
 
AirNav, lanjut Polana, selalu gencar menyosialisasikan bahaya balon udara liar bagi keselamatan penerbangan. Angka laporan balon udara liar yang terus menurun adalah bukti bahwa strategi komunikasi kami tepat sasaran.
 
 
Penyerahan penghargaan BCOMSS. (Dok. AirNav Indonesia)
 
 
Tahun 2017, AirNav mendapatkan 84 laporan balon udara liar. Sejumlah kampanye dan sosialisasi pun dilakukan, termasuk dengan menggelar Java Balloon Festival yang diikuti oleh seluruh masyarakat. AirNav juga turut mendorong regulator penerbangan yang dalam hal ini adalah Kementerian Perhubungan untuk menyusun regulasi terkait penggunaan balon udara dalam kegiatan budaya masyarakat. Hal itu membuahkan hasil dengan adanya tren penurunan laporan balon udara liar. “Tahun lalu (2021), angkanya tinggal 19 laporan. Target kami adalah Zero Ballons. Dan kami optimis target tersebut akan tercapai”, kata Polana.
 
AirNav Indonesia, atau Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan tanggal 13 September 2012. Perusahaan yang didirikan berdasarkan amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2012 tentang Perum LPPNPI ini bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan di wilayah udara Indonesia. Selain menyediakan pelayanan navigasi penerbangan di 291 titik lokasi di seluruh pelosok Nusantara, AirNav Indonesia juga memberikan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah wilayah udara negara lain yang berbatasan dengan wilayah udara Indonesia.
 
IMS
 
 
Menteri BUMN Erick Thohir pada ajang BCOMSS 2022. Foto: Dok. Kementerian BUMN

 

RELATED POSTS