Rangkaian Workshop KaTa Kreatif Tuntas, Menparekraf: Semangat Pelaku Ekraf Meningkat

October 24, 2022
PURWAKARTA, govnews-idn.com – Purwakarta menjadi lokasi terakhir atau ke-35 dari seluruh rangkaian workshop pengembangan kabupaten/kota (KaTa) Kreatif yang berlangsung sepanjang tahun 2022.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, dari seluruh rangkaian perjalanan ke-35 titik di Indonesia dalam program ini, dia menyimpulkan semangat dan daya juang para pelaku ekonomi kreatif sangat tinggi. 
 
“Ini seperti perjalanan spiritual bagi saya. Bertemu pelaku ekonomi kreatif yang beberapa tahun terakhir terkena hantaman pandemi. Tapi tahun ini mereka semangat dan bangkit. Akhirnya ekonomi kreatif kita memberikan kontribusi hampir 7,5% terhadap PDB Indonesia (tahun 2021),” kata Menparekraf Sandiaga Uno 
pada workshop di Bale Sawala Yudistira Pemerintah Daerah Purwakarta, Sabtu (22/10/2022).
 
Memfasilitasi
 
Workshop dihadirkan Kemenparekraf sebagai upaya pemerintah mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif. Juga pelaku UMKM mengeksplorasi serta mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual tinggi.
 
Menparekraf mengungkapkan, workshop KaTa Kreatif terbukti memberi dampak positif yang langsung dirasakan peserta program KaTa Kreatif. Seperti pelaku ekonomi kreatif dari subsektor Kriya Kota Cilegon, Dimajopa Label Corps dapat melakukan inovasi dengan menambah variasi produk olahan limbah plastik setelah mengikuti acara workshop KaTa Kreatif. 
 
“Dan setelah foto produknya di-endorse (di acara KaTa Kreatif) konsumennya langsung bertambah dan berdampak pada omzet yang naik 100% dari Rp1-4 juta per bulan menjadi Rp7-8 juta per bulan,” ujar Menparekraf Sandiaga. 
 
NAMO FITZGERALD
 
“Ini seperti perjalanan spiritual bagi saya,” tegas Sandiaga Uno. Foto: Humas

RELATED POSTS