Menparekraf: Pergelaran Topeng-topeng 2022 Suguhan Indah Post Event G20

November 19, 2022

BALI, govnews-idn.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno mengapresiasi Pergelaran Topeng-topeng 2022 sebagai suguhan yang indah post event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Pergelaran Topeng-topeng 2022 diselenggarakan di Ardha Candra – Art Centre Bali, Jumat (18/11/2022). Pergelaran ini merupakan pertunjukan yang memadukan tiga seni yakni musik, tari dan topeng garapan Sukmawati Sukarno yang sudah dikembangkan selama lebih 2 tahun. Selain itu, pergelaran ini juga apresiasi seni budaya nusantara.

Event itu melibatkan 100 seniman yang terdiri dari penari dan pemusik serta menampilkan 39 topeng dari berbagai daerah daerah di Indonesia. Seniman yang tampil di antaranya Pancer Langit, Genggong Kutus, Sanggar Kakul Mas, Putra Barong, Barongsai Singa Emas, Balawan, Ade Rai.

“Kepada Ibu Sukma dan seluruh tim yang terlibat sebagai panitia Pergelaran Topeng-topeng adalah bagaimana kita melestarikan budaya dan juga memberikan suatu rangkaian dari post event. Sehingga G20 ini tidak hanya berhenti tapi bergulir terus dan Topeng-topeng ini menampilkan kelestarian budaya nusantara yang diinspirasikan dalam topeng sebagai produk ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf menyampaikan event Topeng-topeng 2022 menjadi salah satu upaya untuk menunjukkan kepada dunia tentang budaya Indonesia, khususnya Bali.

Performan tari Topeng-topeng

 “Ini yang kita sebut sebagi pergelaran warisan budaya yang dikemas menjadi produk wisata budaya,” ujar  Menparekraf Sandiaga.

Menparekraf berharap event daerah berkonsep budaya seperti ini akan terus bergulir sehingga dapat menggali potensi lokal dan memberikan manfaat bagi masyarakat, kesan dan pengalaman yang terbaik bagi wisatawan.

“Event daerah dengan pergelaran budaya yang ada juga akan dapat menggerakkan perekonomian. Dan saya juga ingin berterima kasih atas dukungan seluruh seniman memastikan G20 serta kesuksesannya dalam peran seniman untuk mengembangkan destinasi wisata,” lanjut Menparekraf.

Turut hadir, Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Penggagas dan Produser serta Sutradara Pergelaran Topeng-topeng, Sukmawati Sukarno.

NAMO FITZGERALD

Sepasang penari yang menampilkan Pergelaran Topeng-topeng 2022. Foto: Humas

RELATED POSTS