MenKopUKM: Koperasi Potensial Jadi Holding Company Bagi Usaha Kreatif dan Digital

July 5, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menyatakan koperasi potensial dijadikan holding company bagi usaha kreatif dan digital agar mampu bersaing mengatasi beragam tantangan di era digital.
 
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menegaskan bahwa pelaku koperasi dan UMKM memang harus selalu kreatif dan inovatif. Menteri secara khusus mengapresiasi Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, atas penyelenggaraan Seminar Nasional bertema Menjadikan Koperasi Sebagai Holding Company Bagi Usaha Kreatif dan Digital.
 
Teten Masduki menekankan, dalam satu dekade terakhir, masyarakat Indonesia dihadapkan pada lingkungan bisnis yang semakin bergejolak, kompleks dan semakin tidak pasti. Atau yang dikenal sebagai situasi volatile, uncertainty, complexity, ambiguity (VUCA).
 
“Satu-satunya yang dapat menjawab situasi ini adalah usaha kreatif dan digital yang saat ini memiliki koefisien tumbuh tinggi dan sangat melekat dengan generasi muda,” ucap MenKopUKM Teten Masduki saat Seminar Nasional dengan tema Menjadikan Koperasi Sebagai Holding Company secara virtual, Jakarta, Selasa (5/7/2022).
 
Dikatakan, bentuk usaha kreatif dan digital dapat dilihat pada Green Entrepeneurship atau kewirausahaan yang berorientasi pada lingkungan. Sebab menurut survei indikator pada 2021, sebanyak 81% anak muda berusia 17 sampai 35 tahun tertarik menjalankan bisnis ramah lingkungan.
 
“Itu hal yang sangat baik dan perlu kita dorong bersama-sama. Selain itu pemanfaatan e-commerce atau marketplace sangat efektif untuk kegiatan pemasaran, sejalan dengan meningkatnya preferensi masyarakat berbelanja daring,” urai MenKopUKM.
 
Untuk itu, peran koperasi dalam hal ini jelas dibutuhkan. Koperasi sebagai holding company dengan model closed loop economy, dapat melakukan pengaturan, pengendalian dan pengawasan kinerja pada koperasi yang baru terbentuk.
 
Di mana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) berperan dalam penyediaan modal, sedangkan kapasitas produksi ditangani oleh koperasi produsen dan pemasaran oleh koperasi pemasaran. Sehingga anggota koperasi mendapatkan layanan terbaik.
 
“Saya berharap melalui seminar ini, dapat dirumuskan cara-cara terbaik bagi Koperasi dan UMKM (KUMKM) menghadapi tantangan dan menangkap peluang di era ekonomi digital. Semoga dapat dibangun ide-ide segar dan kreatif, untuk meningkatkan performa KUMKM di Tanah Air,” kata Teten.
 
Dalam paparannya, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (SesKemenKopUKM) Arif Rahman Hakim turut mengapresiasi para pelaku KUMKM, terutama bagi pendamping yang memiliki semangat luar biasa. Menurutnya, aktivitas pendamping memiliki kontribusi sangat besar bagi kemajuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
 
Aktivitas pendamping memiliki kontribusi sangat besar, urai Arif Rahman Hakim
 
“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Dinas Koperasi dan UKM Jatim serta tenaga pendamping KUMKM yang melakukan tugas dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana upaya tersebut, sangat relevan untuk kebangkitan KUMKM di tahun 2022 dan sejalan dengan semangat kita memperingati Hari Koperasi pada 12 Juli 2022,” ucap SesKemenKopUKM.
 
KemenKopUKM kata Arif, selalu menekankan, untuk mewujudkan koperasi dan UMKM yang berkualitas dan modern, agar semua pihak bergerak seirama. Tujuannya, agar mampu mencapai target nasional yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) maupun Rencana Strategis (Renstra) KemenKopUKM.
 
“Sangat penting bagi pelaku koperasi dan pendamping, agar koperasi dan UMKM mewujudkan koperasi yang berkualitas dan modern. Di sini secara tersurat mengandung makna, bahwa kita semua yang kemudian mempunyai tugas dan fungsi memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada KUMKM kita untuk terus mempersiapkan diri. Terutama pendamping yang berhadapan langsung dengan pelaku KUMKM,” ujar Arif.
 
Untuk itu, melakukan pemberdayaan dan pengembangan koperasi dan UKM ke depan, KemenKopUKM memiliki arah kebijakannya tersendiri. Di mana arah kebijakan itu memiliki tujuan, mewujudkan koperasi yang berkualitas dan modern, mewujudkan UMKM dan wirausaha naik kelas yang mampu berdaya saing di pasar domestik maupun global. Serta mewujudkan KemenKopUKM yang profesional dan berkinerja tinggi.
 
Tak hanya itu kata Arif, arah kebijakan dalam rangka peningkatan nilai tambah ekonomi pada 2022-2024 turut mencakup penguatan kewirausahaan UMKM dan koperasi yang meliputi, peningkatan kemitraan usaha antara usaha mikro kecil dan usaha menengah besar.
 
“Kami juga berupaya meningkatkan kapasitas usaha dan akses pembiayaan bagi wirausaha. Selain itu, meningkatkan kapasitas, jangkauan dan inovasi koperasi. Termasuk penciptaan peluang startup, serta nilai tambah usaha sosial.”
 
SesKemenKopUKM menegaskan, pihaknya memahami di mana saat ini sekitar 64,1 juta pelaku UMKM, sebesar 99,9% adalah usaha mikro. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh stakeholder terkait, bersama membantu, agar pelaku mikro yang masih belum punya legalitas dibantu menjadi pelaku usaha yang naik kelas.
 
“Yang belum punya NIB maupun sertifikasi lainnya, kita dampingi agar bisa memiliki legalitas. Yang belum punya akses pemasaran kita bantu lewat berbagai media yang ada. Di KemenKopUKM kami memiliki BLU khusus pemasaran yaitu Smesco. Serta akses pembiayaan juga memiliki LPDB yang siap memberikan pendampingan,” tutur dia.
 
MULIA GINTING – ERWIN TAMBUNAN
 
“Satu-satunya yang dapat menjawab situasi ini adalah usaha kreatif dan digital,” tutur Teten Masduki. Foto: KemenKopUKM
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS