Menhan Prabowo Pimpin Pertemuan Para Menhan Negara Anggota ASEAN Ke-17

November 15, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membuka sekaligus memimpin sidang pertemuan para Menteri Pertahanan Negara Anggota ASEAN ke-17 (The 17th ASEAN Defence Ministers’ Meeting/The 17th ADMM) di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Rabu (15/11/2023).

Menteri Pertahanan RI secara otomatis menerima estafet Keketuaan The 17th ADMM dan The 10th ADMM-Plus. Merujuk pada tema Keketuaan Indonesia ASEAN 2023, “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”. Kementerian Pertahanan RI menetapkan tema Keketuaan Indonesia di ADMM 2023 adalah “Peace, Prosperity and Security.” Perdamaian, kemakmuran dan keamanan saling berkaitan erat serta merupakan fondasi yang kuat bagi stabilitas kawasan. Oleh karena itu melalui kerjasama dalam ADMM, Indonesia berkomitmen mempromosikan dialog dan kerjasama dalam hal pertahanan dan keamanan guna mencapai tujuan bersama.

Di awal sambutannya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto selaku Ketua ADMM ke-17 menyampaikan terima kasihnya atas kehadiran para Menteri Pertahanan Negara-Negara ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN pada ADMM ke-17. Timor Leste turut hadir pada pertemuan ini sebagai pengamat (observer) diwakili Menteri Pertahanan Prof. Donaciano Do Costa Gomes.

“ADMM memegang peran yang sangat penting dalam mengatasi tantangan keamanan, melalui dialog yang bermakna, pertukaran gagasan dan menjalin kemitraan dengan prinsip saling percaya, transparansi dan kolaborasi. Pertemuan ini juga menjadi katalisator untuk mencapai hasil yang dapat diimplementasikan,” kata Menhan.

Mencari Solusi Inovatif

Menhan Prabowo berharap semua delegasi agar terlibat dalam diskusi konstruktif, mencari solusi inovatif dan mengidentifikasi langkah-langkah nyata untuk mengatasi tantangan keamanan di kawasan. “Saya yakin bahwa pemahaman dan komitmen kolektif kita akan membuka jalan menuju komunitas ASEAN yang lebih aman, sejahtera dan tangguh,” tegas Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo dikesempatan tersebut, menyampaikan keprihatinannya atas konflik yang terjadi di Myanmar dan situasi di Gaza. Pemerintah Indonesia akan berupaya semaksimal mungkin melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dan solusi damai bagi Myanmar.

Di kegiatan ADMM ke-17 dibahas sejumlah isu pertahanan dan keamanan yang menonjol seperti dinamika geopolitik dan geostrategi dalam konteks regional dan global, kerjasama pertahanan dalam kerangka ASEAN serta kerjasama antara ASEAN dan Plus Country.

Hadir mendampingi Menhan Prabowo pada sidang ADMM Ke-17 adalah Sekjen Kemhan, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Negara, Dirjen Strahan Kemhan, Ketua LP2M Unhan RI dan Dirkersinhan Ditjen Strahan Kemhan.

Kemhan – Fajri Marga Utama

Menteri Pertahanan Negara Anggota ASEAN ke-17 menyatakan kebersatuan dengan saling menggandengkan tangan. Foto: Kemhan.

Artikel ini sudah tervit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS