KSP: Penentuan Skema Endemi Covid-19 Menunggu Hasil Evaluasi Pasca Mudik

May 5, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo menegaskan, penentuan skema menuju endemi Covid-19 masih menunggu hasil evaluasi pasca mudik lebaran. Abraham menyampaikan ini, menyusul beredarnya informasi bahwa pemerintah telah mempersiapkan transisi perubahan status pandemi menjadi endemi Covid-19. 
 
“Untuk skema menuju endemi pemerintah masih akan menunggu evaluasi beberapa minggu pasca mudik lebaran. Kita berharap tidak akan terjadi lonjakan lagi seperti di negara lain. Pemerintah akan bersiap mengantisipasi bila terjadi lonjakan,” kata Abraham, di Jakarta, Kamis (5/5/2022). 
 
Abraham mengakui, selama tujuh minggu terakhir, yakni sejak 24 Maret hingga 4 Mei 2022, Covid-19 sudah terkendali. Hal itu, ujar dia, ditunjukkan oleh data Reproduction Rate (Rt) yang konsisten di angka 1. Selain itu, tambah dia, jumlah kasus Covid-19 per hari juga terus melandai. 
 
“Kasus Aktif Tinggal 6.951”
 
“Per 3 Mei 2022, 107 kasus per hari, angka kematian 18 per hari dan angka kasus aktif tinggal 6.951,” paparnya. 
 
“Suatu hal yang patut kita syukuri dan apresiasi kepada nakes, TNI/Polri dan satgas yang terus mengingatkan protokol kesehatan,” Imbuh Abraham. 
 
Dalam kesempatan itu Abraham kembali menegaskan, pemerintah tidak terburu-buru menurunkan status pandemi menjadi endemi, meski beberapa indikator menunjukkan perbaikan.
 
FIA 
 
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden RI Abraham Wirotomo

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS