Kirab Juara Kontingen SEA Games 2023 Kamboja Disambut Luar Biasa

May 19, 2023

JAKARTA, govnews-idn.com – Antusiasme masyarakat Indonesia menyambut pahlawan olahraga seusai keikutsertaan di SEA Games 2023 Kamboja terasa begitu luar biasa. Mulai dari pagi hari, masyarakat membanjiri jalan Gerbang Pemuda depan Kantor Kemenpora, Senayan yang menjadi start dari Kirab Juara.

Sebelumnya, Menpora Dito resmi melepas Kirab Juara arak-arakan kontingen Indonesia pukul 08.30 WIB pagi dari Kantor Kemenpora. Kapten Timnas U-22 Rizky Ridho dkk menaiki bus, sedangkan atlet cabang olahraga lainnya terlihat menaiki belasan Bandros untuk turut serta dalam arak-arakan.

Bus yang ditumpangi Timnas U-22 terlihat menunggu di depan Kantor Kemenpora. Muhammad Ramadan Sananta Cs tak bisa mengikuti pembukaan Kirab Juara di Halaman Kantor Kemenpora, karena tertahan oleh ribuan masyarakat yang sudah membanjiri Kantor Kemenpora dan sekitarnya sejak pagi.

“Ketum PSSI Pak Erick Thohir menyampaikan, di depan telah menunggu timnas karena ternyata massa sudah memblok, kalau turun (dari bis) katanya bisa chaos. Jadi kita bersama-sama nantinya keliling untuk menyapa masyarakat yang bangga dengan kalian,” kata Menpora Dito saat melepas Kirab Juara, Jumat (19/5/2023) pagi.

Kirab Juara SEA Games 2023 ini sekaligus sebagai perayaan atas prestasi atlet sepakbola Indonesia yang berhasil meraih medali emas setelah 32 tahun penantian sejak 1991.

Sepanjang rute Kirab Juara dari Kantor Kemenpora-Bundaran HI-hingga Gelora Bung Karno, jalanan ibu kota seakan dibanjiri lautan manusia. Masyarakat umum segala elemen mulai dari tua muda, pelajar SMK-SMA tumplek blek dijalanan turut merayakan kemenangan timnas dan kontingen Indonesia dengan menyanyikan lagu Champione, mengibarkan Merah-Putih hingga menyalakan flaire sebagai wujud kebanggaan.

Antusias Melihat Penyambutan

Salah seorang pemain Timnas Muhamad Taufany mengaku antusias melihat penyambutan masyarakat Jakarta. “Ini penyambutan yang luar biasa. Terima kasih kepada masyarakat Indonesia atas dukungan selama ini,” ujarnya.

Hal senada dikatakan pelatih kiper Sahari Gultom yang mengatakan ini penyambutan yang luar biasa. “Terima kasih masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta,” tuturnya.

Sementara itu atlet polo air yang menyumbangkan medali perunggu Glindra Patricia legawa mengatakan ini penyambutan yang luar biasa. ” Tentunya senang sekali ini penyambutan pertama kali bagi saya. Saya lihat masyarakat sangat antusias dan luar biasa,” paparnya.

Salah satu masyarakat yang turut serta mengikuti rute Kirab Juara ini merasa senang dan antusias mengikuti kegiatan yang membanggakan ini.

“Menurut saya ini adalah hal yang bagus sekali ya, masyarakat di Indonesia bahkan mungkin hampir di seluruh kota di Indonesia itu pada antusiasmenya sangat tinggi untuk turut memeriahkan pahlawan bangsa ini,” kata Biker, Lukman Nurhakim asal Ciracas, Jakarta Timur.

“Saya harap prestasi timnas dan cabang olahraga lain terus ditingkatkan tidak hanya di SEA Games tapi bisa ke level Asia dan kejuaraan dunia,” harapnya saat ditemui di area Gelora Bung Karno bersama anak dan istrinya.

Anto

Bus double decker membawa tim sepakbola SEA Games Kamboja U-22 pada arak-arakan yang menyedot kehadiran masyarakat sepanjang jalan yang dilewati. Foto: Anto.

Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS