Kemenkes Meluncurkan Satu Sehat

July 27, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meluncurkan Indonesia Health Services (IHS) sebagai platform transformasi dan integrasi data layanan kesehatan nasional dengan nama ‘Satu Sehat’ di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (26/7/2022) kemarin. Platform ini sebagai upaya menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik melalui transformasi digital.

”Hari ini secara resmi kita memperkenalkan ‘Satu Sehat’ sebagai nama Indonesia Health Services yang merupakan platform integrasi dan standardisasi layanan data kesehatan di Indonesia,” kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin sebagaimana disiarkan Humas Kemenkes.

Menkes Budi G Sadikin saat meluncurkan Satu Sehat. Foto: @kemenkes

Satu Sehat merupakan salah satu upaya Kemenkes dalam mentransformasikan layanan kesehatan melalui digitalisasi. Ini merupakan sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antaraplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Dengan adanya platform ini, lanjut Menkes, pasien tidak perlu mengisi formulir baru saat berpindah fasyankes. Melalui Satu Sehat, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan (consent) pemilik data.
”Hal ini sejalan dengan rencana Kemenkes RI dalam mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat. Jadi manfaatnya akan semakin berkembang dari yang semula untuk penanganan pandemi bertransformasi menjadi lebih luas lagi,” jelas Menkes.

IMS

Platform Satu Sehat. Foto: @kemenkes

RELATED POSTS