Kemenhub Akan Evaluasi Angkutan Lebaran 2022, Hasilnya Disampaikan ke Presiden

May 11, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menutup pos koordinasi (posko) pusat angkutan Lebaran 2022 pada Selasa (11/5/2022) kemarin, ditegaskannya akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan arus mudik dan balik.

Menhub Budi Karya menyatakan Kementerian Perhubungan akan menugaskan Kepala Badan Kebijakan Transportasi untuk melakukan penelitian terhadap aktivitas arus mudik dan arus balik Lebaran 2022. Hasil evaluasi itu segera disampaikan kepada Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti.

“Terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian, satu sisi bahwa jalan tol yang ada di Jawa dan Sumatera memberikan dampak positif dan memberikan eforia baru bagi masyarakat untuk mudik, apalagi sudah dua tahun tidak melakukan mudik,” ujar Menhub Budi di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Menhub Budi Karya Sumadi memimpin penutupan Posko Lebaran 2022 di Kantor Kemenhub, Jakarta, kemarin, secara hibrida. ( Dok.Kemenhub)

Dia berharap evaluasi ini dapat meningkatkan sarana, prasarana, hingga cara masyarakat melakukan mudik dan arus balik Lebaran pada periode berikutnya. Adapun selama kegiatan mudik dan arus balik Lebaran 2022, Menhub Budi menyatakan masyarakat lebih memilih melakukan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi.

Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan pribadi yang melakukan perjalanan dari Jabodetabek ke arah timur dan barat mencapai 47%. Menhub Budi menuturkan angka itu sangat besar dan harus dikelola dengan baik.

IMS

 

Suasana penutupan Posko Lebaran 2022. Foto: @ budikaryas.

RELATED POSTS