Inilah Profil Pemudik 2022, Sekitar 8,9 Juta Orang Naik Pesawat

April 7, 2022

JAKARTA, govnews-idn.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi secara nasional akan terdapat 79 juta pemudik pada tahun ini. Dari jumlah tersebut, 8,9 juta di antaranya akan menggunakan moda transportasi pesawat.

Hal tersebut dikemukakan Menhub saat rapat bersama pimpinan Komisi V DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/4/2022) kemarin.

Prediksi yang disampaikan Menhub itu didapatkan berdasarkan survei Litbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Maret 2022.

Survei menyebutkan secara angka nasional, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan menembus 79 juta warga. Ada 13 juta warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) bakal menjalani mudik lebaran tahun ini.

“Pemudik keseluruhan 79 juta, di antaranya 13 juta dari Jabodetabek. Jadi bisa dikatakan warga Jabodetabek yang akan mudik banyak sekali,” kata Menhub Budi.

Tentang transportasi pilihan pemudik, Budi Karya menambahkan 40 juta pemudik memilih pakai kendaraan pribadi, lalu menggunakan bus dan penyeberangan 26,7 juta, pesawat 8,9 juta, kereta api 8,2 juta, kapal laut 1,4 juta dan angkutan lainnya 0,1 juta.

Kemanakah tujuan pemudik? Sebagian besar akan ke Jawa Tengah (23,5 juta), Jawa Timur (16,8 juta), Jawa Barat (14,7 juta) dan selebihnya daerah lain.

IMS

Menteri Perhubungan (kiri) menjelaskan profil pemudik di Komisi V DPR. Foto: Tangkap Layar Live Streaming Komisi V.

RELATED POSTS