Dunia Disebut Belum Terbebas Dari Status Pandemi Covid-19

October 27, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan status pandemi Covid-19 di dunia masih berlangsung hingga kini. Karena, masih banyak penduduk terinfeksi Covid-19 dari berbagai negara, termasuk Indonesia.
 
Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/10/2022).
 
“Hingga kini, status pandemi Covid-19 masih melanda dunia. Hal ini dikarenakan masih banyaknya negara yang ditemukan infeksi Covid-19, termasuk Indonesia,” kata Reisa Broto Asmoro.
 
Bahkan, lanjut Reisa, ada 24 negara yang mencatatkan kenaikan jumlah kasus dalam beberapa waktu terakhir. Kenaikan jumlah kasus Covid-19 disebabkan dengan adanya varian terbaru yaitu XBB atau BA.2.10 yang merupakan mutasi dari subvarian BA.2 Omicron.
 
“Varian ini pertama kali diidentifikasi pada bulan Agustus 2022 lalu dan merupakan salah satu dari beberapa subvarian utama yang telah berevolusi dari varian dasar Omicron,” ujar Reisa.
 
Bermutasi
 
Dijelaskan, virus Corona ini cenderung terus bermutasi. Karena itu, Reisa meminta seluruh masyarakat waspada terhadap varian baru Covid-19 XBB yan ditemukan dan masuk di Indonesia.
 
“Negara kita sudah pernah mengalami lonjakan kasus setelah munculnya varian Alpha, Delta lalu Omicron. Oleh karena itu, kita harus waspada, apalagi Kementerian Kesehatan telah mengumumkan bahwa varian XBB sudah masuk dan ditemukan di Indonesia,” terang Reisa.
 
Sejak 26 September hingga 25 Oktober 2022, kata Reisa, tercatat ada empat kasus terkonfirmasi varian kasus XBB ini di Indonesia. Hingga saat ini, empat pasien tersebut semuanya selesai masa isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh.
 
Untuk mengantisipasi pasca temuan ini, ungkapnya, maka pemerintah terus melakukan berbagai upaya. Terutana menguatkan pengawasan, testing dan tracing serta genom sequencing.
 
“Agar kita mengetahui sebaran varian apa saja yang masih ada yang mana mendominasi dan mana-mana saja yang baru muncul di berbagai daerah,” papar Reisa.
 
FIA
 
“Hingga kini, status pandemi Covid-19 masih melanda dunia,” ujar Reisa Broto Asmoro. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
 
Artikel ini sudah terbit di jurnal-idn.com

RELATED POSTS