Akhirnya Bandara Kertajati Ada Penerbangan Komersial Mulai November 2022

September 16, 2022

MAJALENGKA, govnews-idn.com – Kementerian Perhubungan bersama pemangku kepentingan tengah menyiapkan Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, untuk melayani penerbangan komersial pada November – Desember 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Bandara Internasional Kertajati Jumat (16/9/2022). Kunjungan tersebut untuk memastikan kesiapan Bandara Internasional Kertajati yang akan melayani penerbangan komersial pada November-Desember 2022 mendatang.

Sebuah pesawat kargo mendarat di Bandara Kertajati. (@infobijb)

“Untuk persiapannya, kami telah berkoordinasi dengan sejumlah maskapai yakni Garuda Indonesia dan Lion Air. Insya Allah untuk pertama ada empat penerbangan. Pada Desember nanti bertambah menjadi 8 (delapan) penerbangan. Paling tidak ada dua penerbangan untuk umrah,” kata Menhub Budi Karya sebagai mana ditulis pada akun @infobijb.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan bahwa Bandara Internasional Kertajati akan semakin lengkap karena saat ini sudah konsisten melayani penerbangan kargo, dan nantinya juga akan dibangun pusat perawatan pesawat (MRO).

Direktur PT BIJB Muhamad Singgih menerangkan bahwa seluruh kesiapan operasional telah siap. “Untuk pesawat umrah, koordinasi intensif dengan Kemenag dan Pemda terus dilakukan agar persiapannya bisa lebih matang,” ujar Singgih.

Sisi lain Menhub berharap pesawat umroh yang berangkat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

Dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umroh dari Bandara Kertajati oleh Kemenag, diproyeksikan potensi jemaah umroh mencapai 40.000 orang pada periode Januari-Mei 2023. Diharapkan adanya penerbangan feeder dari daerah lain, seperti Kalimantan – Kertajati – Jeddah, tentu ini membuat Kertajati lebih ramai.

Kemudian, aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju bandara ini juga akan terus ditingkatkan melalui penyediaan angkutan jalan. Juga, Menhub meminta dukungan Pemda untuk menggencarkan promosi pariwisata untuk menarik minat wisatawan.

IMS

Menhub Budi Karya (bertopi) saat meninjau Bandara Kertajati. Foto: @infobijb

RELATED POSTS