UNWTO: Tahun 2022 Sektor Pariwisata Global Berada di Mode Pemulihan

September 23, 2022
BALI, govnews-idn.com – The 2nd Tourism Working Group yang merupakan rangkaian KTT G20, Head of Delegate Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO), Sandra Carvao menjabarkan betapa beratnya kondisi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara global pascapandemi yang dinyatakannya di Grand Hyatt Bali, Jumat (23/9/2022)
 
Karena ada pandemi Covid-19 di akhir 2021, kedatangan turis internasional kurang dari satu milliar dibandingkan tahun 2019. Karenanya tahun 2022 sektor pariwisata berada dalam mode pemulihan. Seiring dengan berbagai upaya yang dilakukan, memberikan dampak pada peningkatan kedatangan turis. 
 
Berdasarkan data yang dihimpun UNWTO menunjukkan bahwa wilayah Eropa pemulihannya cukup signifikan dan hampir mendekati angka sebelum pandemi yakni 74%. Untuk Amerika sebesar 65% dan Timur Tengah 76%.
 
“Dan Asia-Pasifik masih cukup tertinggal yakni sebesar 14% pemulihannya. Akan tetapi, kami yakin angka ini akan meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang,” kata Sandra.
 
Selain itu, peningkatan ekonomi negara-negara anggota G20 hampir sebagian besar dipengaruhi oleh sektor pariwisata. Data tahun 2021 menunjukkan bahwa sebesar 71% ekspor berasal dari pariwisata dan 76% memberikan dampak terhadap peningkatan PDB secara global.
 
Angka ini bisa diperoleh kembali di tahun 2022 atau bahkan lebih baik. Sandra pun berharap melalui TWG, negara anggota G20 mampu bekerja sama membuat perubahan untuk memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Serta mengedepankan pemulihan yang berpusat pada masyarakat dan UMKM.
 
“Sebab UMKM dan komunitas (masyarakat) di seluruh dunia menggantungkan penghasilan mereka pada sektor pariwisata. Ini yang menjadi prioritas sekaligus tantangan di berbagai negara,” ujarnya.
 
Ada beberapa kendala yang ditemukan untuk mendorong peningkatan UMKM dan pengembangan komunitas. Di antaranya keterbatasan modal hingga perubahan target pasar. Sehingga semua perlu mempersiapkan UMKM yang tanggap lebih cepat dan lebih siap untuk menghadapi perubahan. 
 
The 2nd Tourism Working Group di Bali
 
“Kami juga melihat bahwa volatilitas tenaga kerja adalah salah satu tantangan besar dan dengan demikian sangat relevan bahwa salah satu pilar pedoman adalah sumber daya manusia,” lanjut Sandra.
 
Tourism Working Group ini akan menghasilkan G20 Bali Guidelines yang di dalamnya ada serangkaian tindakan spesifik yang direkomendasikan untuk memajukan tujuan implementasi lima lines of actions dan juga seruan khusus untuk tindakan yang dapat dilaksanakan secara individual, secara sukarela oleh sekelompok negara atau organisasi internasional dengan kelompok negara.
 
Fokus utama TWG adalah penguatan komunitas dan UMKM sebagai agen transformasi pariwisata dan ekonomi kreatif, sehingga pemulihan ekonomi harus berpusat pada masyarakat dan diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat. 
 
“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua kelompok yang telah berkontribusi untuk memastikan bahwa pedoman ini akan mencerminkan peluang yang kita miliki, tetapi juga tantangan yang dimiliki setiap UMKM dan komunitas mengonsolidasikan pemulihan terutama di masa-masa sulit,” tegas dia.
 
Sementara, Head of Delegate OECD Ekaterina Travkina menjelaskan dari sisi ekonomi kreatif perlu diadopsi _best practice_ dari konten budaya pop Korea Selatan baik dari K-pop, K-drama, hingga K-variety show. Sebab, Korea Selatan bisa mengemas konten dengan sangat baik dan menarik, bahkan memberikan dampak pada sektor pariwisata. Maka tidak heran jika ekonomi kreatif Korea Selatan masuk pada posisi dua dunia.
 
“Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga melakukan berbagai program meningkatkan kapasitas SDM agar unggul dan mampu menghadapi tantangan. Ini juga bisa menjadi best practice untuk kita terapkan dalam memulihkan sektor ekonomi kreatif kita,” ujar Ekaterina.
 
Untuk diketahui, G20 Bali Guidline nantinya akan disepakati oleh para Menteri pada Tourism Ministerial Meeting (TMM) yang menjadi rangkaian akhir dari pelaksanaan Tourism Working Group. TMM dijadwalkan akan berlangsung di Nusa Dua, Bali pada 26 September 2022 dan akan dihadiri kurang lebih 103 delegasi.
 
NAMO FITZGERALD
 
“Dan Asia-Pasifik masih cukup tertinggal yakni sebesar 14% pemulihannya. Akan tetapi, kami yakin angka ini akan meningkat secara signifikan dalam beberapa bulan mendatang,” kata Sandra. Foto: Humas
 

RELATED POSTS