Satu Per Satu Bandara Ukraina Dihancurkan, Terbaru Bandara Vinnytsia

March 8, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Strategi perang selalu memborbardir bandara guna melemahkan kekuatan musuh. Begitupun yang dilakukan Rusia saat invasi ke Ukraina yang telah berlangsung beberapa hari ini.
Beberapa bandara sudah dilumpuhkan Rusia.
 
Salah satu yang paling menyita perhatian dunia adalah Bandara Hostomel. Bandara ini hancur termasuk pesawat kargo raksasa Antonov AN 225 Mriya. Di  bandara ini terdapat sejumlah hanggar Antonov. Diberitakan AN 225 rusak parah. Akun @apron.idn termasuk yang memberitakan serangan di Bandara Hostomel hingga kerusakan AN 225.
 
Belum hilang kesedihan atas “ambyar”-nya AN 225, terbaru Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada 6 Maret 2022 bahwa delapan rudal Rusia telah ‘menghancurkan sepenuhnya’ Bandara Internasional Havryshivka Vinnytsia (VIN) yang terletak di Ukraina Tengah.
 
 
Bandara Vinnytsia setelah dirudal Rusia. Foto: Aerotime
 
Zelensky mengkonfirmasi detail ini melalui video yang diunggah di akun twitter saluran media Eropa Timur Nexta TV. “Delapan rudal menggempur kota kami, melawan Vinnytsia kami yang damai, yang tidak pernah menjadi ancaman bagi Rusia dengan cara apa pun. Serangan rudal yang brutal dan sinis telah menghancurkan bandara,” kata Zelensky dalam pesan video.
 
Presiden Zelensky sekali lagi mengimbau negara-negara Barat untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina untuk mencegah lebih banyak serangan dari Rusia. “Kami ulangi setiap hari: tutup langit di atas Ukraina. Dekat untuk semua rudal Rusia, untuk pesawat tempur Rusia, untuk semua teroris mereka.”
 
Sekilas info, Bandar Udara Internasional Vinnytsia (kode IATA : VIN , ICAO : UKWW) adalah satu bandar udara yang terletak di dekat desa Havryshivka, melayani kota Vinnytsia di wilayah Vinnytsia, Ukraina. Bandara ini memiliki runway sepanjang 2.500 meter.
 
Runway Bandara Vinnytsia. Foto: Dok.Bandara
 
Ancaman Putin
 
Pada 5 Maret 2022, sehari sebelum serangan rudal di Bandara Vinnytsia, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa negara-negara yang akan memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina akan dianggap terlibat dalam konflik antara Ukraina dan Rusia.
 
Putin juga menambahkan bahwa memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina akan memiliki “konsekuensi yang sangat besar dan bencana tidak hanya untuk Eropa tetapi juga seluruh dunia”.
 
Pemerintahan Biden telah menunjukkan bahwa memberlakukan zona larangan terbang di atas Ukraina adalah sesuatu yang coba dihindari oleh pemerintah Amerika Serikat. “Pada dasarnya, itu akan membutuhkan, militer AS menembak jatuh pesawat Rusia dan mendorong potensi perang langsung dengan Rusia, langkah tepat yang ingin kami hindari,” 
 
Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Ptsaki mengatakan kepada wartawan AS pada 4 Maret 2022.
 
IMS
 
Kepulan asap saat Bandara Vinnytsia digempur. Foto: Aerotime

RELATED POSTS