Misteri Simbol ‘Z’ dalam Perang Ukraina, Inilah Penjelasan Rusia

March 9, 2022
JAKARTA, govnews-idn.com – Ketika Rusia mulai menyerang Ukraina, perhatian dunia hanya kepada kerusakan yang ditayangkan televisi atau media sosial. Namun hari demi hari, ada sesuatu yang membuat salah fokus alias salfok, yakni huruf ‘Z’ di tank-tank Rusia. Mulailah muncul pertanyaan, apa  arti simbol Z itu? 
 
Belakangan ini misteri itu simbol Z menjadi perhatian media global. Aljazeera, CNN maupun New York Post menafsirkan arti Z tersebut.
 
CNN melaporkan, bahkan ada beberapa pakar militer yang menduga “Z” merupakan tanda incaran utama Rusia dalam invasi ini, yaitu Presiden Volodymyr Zelensky.
 
 
Papan reklame di St Petersburg Rusia. Foto: NYP
 
 
Aric Toler, seorang peneliti untuk lembaga pemantau independen operasi Rusia, Bellingcat, mengaku masih kebingungan. Selama delapan tahun menjadi peneliti, baru pertama kali dia melihat simbol tersebut. “Jadi, saya mengasumsikan yang terburuk,” kata Toler melalui Twitter.
 
Ada yang mengatakan, Z merupakan kependekan dari “Za pobedy” atau “demi kemenangan” dalam bahasa Rusia.
Ada pula yang menganggap, Z berarti “Zapad” atau “Barat”. Para ahli yang meyakini arti ini, menganggap Rusia tengah memberikan isyarat bahwa target mereka selanjutnya adalah negara-negara Barat.
 
Apalagi di Rusia, simbol itu kemudian mulai bermunculan di mana-mana. Ada stiker Z di bagian belakang mobil dan kendaraan komersial dan salah satu pakar talk show baru-baru ini muncul mengenakan T-shirt dengan huruf Z putih besar di atasnya. Beberapa logo perusahaan dan nama surat kabar yang memuat huruf Z memanipulasi huruf tersebut untuk menyorotnya.
 
 
Warga Rusia mengibarkan bendera bersimbol Z di jalana. Foto: Twitter Alajazeera
 
 
Kampanye iklan menggunakan papan reklame di kota-kota besar menampilkan huruf Z besar yang dibuat dari pita hitam dan oranye, pita St. George, yang merupakan simbol militer Rusia.
 
New York Post melaporkan setelah berminggu-minggu berspekulasi tentang apa artinya, akhirnya Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Minggu (6/3/2022) bahwa itu berasal dari preposisi “Za,” kata pertama dalam frasa Rusia “Za pobedu,” atau “Untuk kemenangan.”
 
Sehari kemudian penjelasan itu telah memicu perdebatan tajam di Dewan Keamanan PBB. Duta besar Ukraina, Sergiy Kyslytsya, mengatakan bahwa “Z” sebenarnya adalah singkatan dari “zveri,” yang berarti binatang dalam bahasa Rusia. Rekannya dari Rusia, Vasily Nebenzya, membalas bahwa Rusia memiliki pendapat tersendiri tentang siapa “binatang”  itu. 
 
Tampaknya penjelasan Rusia masih belum menuntaskan. Masih bisa ditafsirkan lain. Itulah semiotika perang.
 
IMS
 
 
Simbol Z di armada perang Rusia ketika masuk Ukraina. Foto: @aljazeeraenglish
 

RELATED POSTS