Indonesia Ikuti Bursa Pariwisata Terbesar Kedua Dunia “World Travel Market London 2022”

November 8, 2022
LONDON, govnews-idn.com – Indonesia melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berpartisipasi pada pameran pariwisata terbesar kedua dunia “World Travel Market (WTM) London 2022” di Excel, London, Inggris 7-9 November 2022. 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan keikutsertaan Indonesia pada bursa pariwisata yang telah ada sejak 1980 menjadi upaya Kemenparekraf memasarkan pariwisata Indonesia sebagai satu destinasi utama di Asia Tenggara untuk pasar Inggris.
 
“Mengingat pariwisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara telah dibuka sejak Februari 2022. Dengan partisipasi kita dalam World Travel Market London, diharapkan meningkatkan devisa negara melalui pariwisata dan mendorong penciptaan lapangan kerja baru berkualitas,” kata Menparekraf Sandiaga di London, Senin (7/11/2022).
 
Beberapa upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk membangkitkan kembali industri pariwisata, di antaranya pembebasan persyaratan tes PCR bagi pelaku perjalanan internasional yang sehat pada saat kedatangan. Pembebasan persyaratan karantina untuk wisatawan yang sudah vaksinasi lengkap, pemberlakuan visa on arrival khusus wisata untuk 86 negara sejak September  2022, bebas visa untuk negara anggota ASEAN, dan second home visa.
 
“Kemudahan pelayanan visa merupakan komponen penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia dan meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di tingkat global. Tahun 2023, Indonesia menargetkan 3,5 juta sampai dengan 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara. Kami yakin bahwa second home visa dengan masa berlaku 5-10 tahun bisa menjadi pintu bagi ceruk pasar wisman yang memenuhi kriteria,” ujar Sandiaga.
 
NAMO FITZGERALD
 
Menparekraf Sandiaga Uno di “World Travel Market (WTM) London 2022”. Foto: Humas

RELATED POSTS