Diplomasi Kedai Kopi ala Menparekraf Sandiaga Uno

June 2, 2022

SINGAPURA, govnews-idn.com – Lazimnya pertemuan dua pejabat tinggi antarnegara diselenggarakan di hotel mewah, tetapi ada yang beda bagi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Rabu ( 1/6/2022 ) kemarin Menteri Sandiaga mengajak Menteri Kesehatan Singapura Mr. ONG Ye Kung bertemu di kedai kopi Indonesia Tanamera yang telah membuka cabang di Singapura.

Pilihan di kedai kopi itu sekaligus untuk memperkenalkan pelaku ekonomi kreatif asal Indonesia di Singapura. Beginilah gaya diplomasi yang dipilih Menparekraf. Liputan media setempat menjadi promosi jitu bagi kedai kopi asal Indonesia.

Kedua menteri membicarakan perkembangan wisata pasca pandemi di kedai kopi. (@sandiuno)

“Dalam pertemuan ini kami banyak membahas tentang rencana kerja sama kedua negara untuk membangkitkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja,” kata Sandiaga dalam akun instagramnya. Salah satunya, lanjut Menparekraf, menjadikan pariwisata bagian Asia Tenggara tujuan utama wisatawan mancanegara.

Kedua pejabat tinggi itu sepakat bahwa momentum pasca pandemi ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin demi menyambut tatanan ekonomi baru yang lebih baik. Contohnya seperti pembukaan perbatasan antarnegara, berkunjung ke Singapura dengan penerbangan apapun, tidak dibatasi, dan juga sebaliknya.

“Saya dan Pak Menteri juga sudah berencana diving bersama, sampai bertemu di Raja Ampat Pak, mari bersama bangkitkan pariwisata,” begitu tutup Menparekraf.

Tanamera Coffee melakukan ekspansi dengan membuka outlet internasional pertama di Singapura pada Oktober 2020. Lokasi tepatnya di kawasan ramai dan bergengsi Central Business District Area. Selain kopi Indonesia, juga tersaji kuliner khas Indonesia, seperti bubur ayam Jakarta dan rendang.

IMS

 

Di kedai kopi itu juga menikmati menu ala Nusantara. Foto: Dok. Ong Ye Kung

RELATED POSTS